MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Claressa Viola Septiani Universitas Negeri Surabaya
  • Taufiq Hidayat Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pada masa pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar sedikit mengalami kendala karena pembelajaran tidak bisa dilakukan secara langsung. Hal ini diperlukan cara untuk tetap memberikan pendidikan kepada siswa dengan melaksanakan pembelajaran daring. Pembelajaran daring sangat berbeda dengan pembelajaran tatap muka karena pembelajaran daring menggunakan teknologi, informasi, dan komunikasi sebagai penunjang pembelajaran yang dilakukan dari rumah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara daring selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan cluster random sampling melalui pengelompokkan dalam bentuk kelas untuk mengetahui informasi sebagai hasil penelitian. Populasi berjumlah 288 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pamekasan dengan sampel sebanyak  86 siswa. Instrumen dalam pengumpulan data menggunakan angket motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara daring selama pandemi Covid-19 dibagikan melalui google form secara online menggunakan skala likert yang memiliki nilai bobot skor 1–4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara daring di SMP Negeri 2 Pamekasan terdapat 2 siswa berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 2,33%, 55 siswa berada  kategori “tinggi” sebesar 63,95%, 29 siswa berada pada kategori “rendah” sebesar 33,72%. Dari hasil pembelajaran daring, dapat dikatakan bahwa pembelajaran daring sudah cukup baik, efektif, serta materi yang dapat memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran sehingga memiliki peningkatan yang baik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran daring.

Kata Kunci: motivasi siswa; pembelajaran daring; pandemi covid-19

Abstract

During the Covid-19 pandemic, teaching and learning activities experienced a few obstacles because learning could not be done directly. This requires a way to continue to provide education to students by implementing online learning. Online learning is very different from face-to-face learning because online learning uses technology, information and communication to support learning that is carried out from home. The purpose of this study was to determine how much motivation the students had in participating in online PJOK learning during the Covid-19 pandemic. This research is a quantitative descriptive study using a survey method. Sampling was carried out using cluster random sampling through grouping in the form of classes to find out information as a result of the study. The population was 288 grade VII students of SMP Negeri 2 Pamekasan with a sample of 86 students. The instrument in data collection used a student motivation questionnaire in participating in online PJOK learning during the Covid-19 pandemic which was distributed via google form online using a Likert scale which has a weighted score of 1–4. The results showed that the motivation of students in participating in online PJOK learning at SMP Negeri 2 Pamekasan there were 2 students in the "very high" category of 2.33%, 55 students were in the "high" category of 63.95%, 29 students were in the "high" category. category "low" amounted to 33.72%. From the results of online learning, it can be said that online learning is good enough, effective, and material that can make it easier for students to understand learning so that they have a good increase and enthusiasm in participating in online learning.

Keywords: motivation of student; online learning; covid-19 pandemic

 

Published
2021-04-10
Section
Articles
Abstract Views: 483
PDF Downloads: 170