PENGARUH GERAK SENI GANDA BELADIRI PADA MATERI PENCAK SILAT TERHADAP MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI 3 SURABAYA

  • Amirza Kemal Pasha Universitas Negeri Surabaya
  • Hamdani Hamdani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan proses utama yang diselenggarakan dalam kehidupan sekolah atau kampus. Dasar pada pendidikan sangatlah penting bagi manusia untuk investasi jangka panjang yang besar bagi generasi penerus bangsa. Pendidikan jasmani dapat diartikan dengan berbagai ungkapan dan kalimat. Namun esensinya sama, yang jika disimpulkan bermakna jelas, bahwa Pendidikan Jasmani memanfaatkan alat fisik untuk mengembangkan keutuhan manusia. Dalam kaitan ini diartikan bahwa melalui fisik untuk mengembangkan  keutuhan manusia. Mempelajari banyak aspek didalam pembelajaran olahraga tidak kalah dengan mata pelajaran lain seperti IPA, IPS, Matematika, Biologi dan lain-lain yang membuat beda pelajaran PJOK dengan mata pelajaran lain yakni pembelajaran yang dirancang dengan menggunakan alat atau pun tanpa alat dengan kegiatan yang menyenangkan dan dapat merangsang pertumbuhan anak.Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh gerak seni ganda beladiri pencak silat dalam pembelajaran PJOK terhadap minat belajar siswa pada materi pencak silat di SMAN 3 Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pretest postest design. Sampel pada penelitiani ini berjumlah 82 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster simple random sampling.  Hasil penelitian ini yakni diperoleh dari data yang dikumpulkan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan yakni dengan nilai signifikansi sebesar 0,02. Dapat disimpulkan adanya pengaruh gerak seni ganda beladiri pencak silat dalam pembelajaran PJOK terhadap minat belajar siswa pada materi pencak silat di SMAN 3 Surabaya dan minat belajar siswa meningkat sebesar 21%.

Kata Kunci: minat belajar; pencak silat; seni ganda

Abstract

Education is the main process that is organized in school or campus life. The foundation of education is essential for people for a large long-term investment for the nation's next generation. Physical education can be interpreted by various expressions and sentences. But the essence is the same, which if summed up means clearly, that Physical Education utilizes physical tools to develop human wholeness. In this regard it is interpreted that through the physical to develop human wholeness. Learning many aspects in sports learning is not inferior to other subjects such as science, social sciences, mathematics, biology and others that make a difference pjok lessons with other subjects that are designed using tools or without tools with fun activities and can stimulate the growth of children. The purpose of this study is to find out if there is an influence of martial arts movement in the learning of PJOK pencak silat on students' learning interest in pencak silat material at SMAN 3 Surabaya. The method used in this study uses quantitative method with pretest postest design type research. The sample in this study amounted to 82 students. Sampling techniques using simple random sampling clusters.  The results of this study were obtained from data collected showing a significant influence with a significance value of 0.02. It can be concluded that the influence of martial arts movement in learning PJOK pencak silat on students' learning interest in pencak silat material in SMAN 3 Surabaya students' learning interest increased by 21%.

Keywords: learning interests; pencak silat; artistic double

 

Published
2021-04-10
Section
Articles
Abstract Views: 167
PDF Downloads: 457