EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • Shanti Dwi Lidiawati Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring selama pandemi pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Penerapan pembelajaran PJOK di sekolah idealnya dilakukan dengan praktik atau tatap muka secara langsung antara guru dengan siswa. Namun adanya virus Covid-19 menyebabkan seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring, tidak terkecuali pada mata pelajaran PJOK. Metode yang digunakan penelitian ini adalah survei. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X SMAN 1 Sidoarjo dan sampel yang dipilih adalah siswa Kelas X dengan jumlah 103 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode quota sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui google form yang berisi angket pengukuran. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan microsoft excel untuk menghitung nilai mean dan mengetahui persentase setiap faktor dan keseluruhan faktor. Hasil analisis setiap faktor menunjukkan bahwa sebanyak 46,60 % dengan jumlah 48 siswa lebih menyukai penugasan dalam bentuk praktik langsung. Selama mengikuti pembelajaran PJOK secara daring sebanyak 33,98% atau 35 siswa tidak memahami materi, namun sebagian siswa dapat merasakan manfaat serta pengalaman gerak baru dalam pembelajaran PJOK. Sebanyak 49,51% atau 51 siswa menyatakan bahwa pembelajaran PJOK secara daring kurang efektif. Berdasarkan hasil analisis setiap faktor tersebut, maka diperoleh mean keseluruhan faktor sebesar 22,8%. Mean keseluruhan tersebut diartikan bahwa pembelajaran daring selama pandemi pada mata pelajaran PJOK di SMAN 1 Sidoarjo kurang efektif. Sehingga perlu dilakukan peninjauan ulang dan perbaikan terkait metode pembelajaran yang efektif pada mata pelajaran PJOK selama pandemi.

Kata Kunci: PJOK; efektifitas; daring

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of online learning during the pandemic in sports and health physical education (PJOK) subjects. Ideally, the implementation of PJOK learning in schools is done by practice or face to face directly between teachers and students. However, the Covid-19 virus causes all learning activities to be carried out online, including in PJOK subjects. The method used in this research is a survey. The population of this study were students of Class X SMAN 1 Sidoarjo and the sample chosen was Class X students with a total of 103 people. The sample selection is done by using the quota sampling method. The data collection technique used in this research is through google form which contains a measurement questionnaire. The data analysis technique was carried out with the help of Microsoft Excel to calculate the mean value and determine the percentage of each factor and all factors. The results of the analysis of each factor showed that as many as 46.60% with a total of 48 students preferred the assignment in the form of direct practice. While participating in learning PJOK online as many as 33.98% or 35 students did not understand the material, but some students could feel the benefits and experience of new movements in learning PJOK. As many as 49.51% or 51 students stated that online PJOK learning was less effective. Based on the results of the analysis of each of these factors, the mean overall factor was 22.8%. The overall mean means that online learning during the pandemic in PJOK subjects at SMAN 1 Sidoarjo is less effective. So it is necessary to do a review and improvement related to effective learning methods in PJOK subjects during the pandemic.

Keywords: PJOK; effectivity; online  learning

 

Published
2021-05-07
Section
Articles