HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PJOK SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA PANDEMI

  • Intan Cahyaningtyas Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian terdahulu beranggapan bahwa pola asuh orang tua menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan belajar siswa dalam mencapai prestasi belajar. Dimana penelitian tersebut dilakukan pada saat kondisi normal, para siswa banyak menghabiskan waktu belajar di sekolah dan porsi bimbingan dari orang tua jelas lebih sedikit dibandingkan dengan belajar siswa di sekolah. Sedangkan pada kondisi pandemi saat ini, peran guru digantikan oleh orang tua ketika belajar di rumah. Artinya, kondisi ini berkebalikan dengan kondisi normal, yaitu bimbingan orang tua lebih banyak dibandingkan dengan siswa belajar di sekolah. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar PJOK siswa saat pandemi. Penelitian ini masuk dalam jenis korelasional dengan melibatkan 50 sampel yang diambil menggunakan metode stratified random sampling dari 97 populasi siswa di SDN Gundik, Ponorogo. Setiap siswa yang menjadi sampel diambil data hasil belajar PJOK dan orang tua (laki-laki atau perempuan) diminta untuk mengisi angket pola asuh. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan hasil belajar PJOK (F= 0,86, p= 0,546>0.05. Nilai R sebesar 0,354 dan R2 sebesar 0,125 atau 12,5% hasil belajar PJOK merupakan hasil kontribusi dari pola asuh orang tua.

The previous research assumed that parenting style became one of the determining factors of students’ success in achieving learning accomplishment. Where the research was done in a normal condition, students spent a lot of time studying at school and the portion of parental guidance was obviously less compared to studying at school. Meanwhile, during pandemic, the role of teachers is replaced by the parents while learning at home. It means that the current situation is the opposite of the normal situation, so parental guidance plays a bigger role in students’ learning process at home compared to studying at school. Therefore, the purpose of this research is to recognize the relationship between parenting styles and PJOK learning outcomes during pandemic. This research is categorized as correlational by involving 50 samples taken using stratified random sampling method from 97 student population at SDN Gundik, Ponorogo. Each student who became the sample was taken from the learning outcomes of their PJOK and parents (male or female) who filled out the parenting style questionnaire. The data analysis used was descriptive statistics and regression. The results showed that there was no significant relationship between parenting styles and learning outcomes of PJOK (F = 0.86, p = 0.546> 0.05. The R value was 0.354 and R2 was 0.125 or 12, 5% of the learning outcomes of PJOK were the result of the contribution from parenting styles.

Keyword: parenting, learning outcomes of physical education sport and health, pandemic

 

Published
2021-06-09
Section
Articles