MOTIVASI TERHADAP PEMBELAJARAN PJOK MATERI BULUTANGKIS DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 21 SURABAYA

  • Satria Citra Iswara Astadi Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhasan Nurhasan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Bulutangkis merupakan olahraga yang efektif untuk dijadikan aktivitas fisik sehari-hari karena
menyenangkan dan mudah dilakukan dimana saja. Dengan demikian, peserta didik diharapkan
termotivasi untuk melakukannya. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui tingkat motivasi
peserta didik dalam melakukan aktivitas fisik melalui permainan bulutangkis yang dianggap
olahraga menyenangkan saat dilakukan di rumah pada masa pandemi saat ini. Penelitian ini
menggunakan metode campuran (mixed method) yang bersumber dari sumber data dan
informasi respondent dengan menggunakan kuesioner berupa angket yang berisi sejumlah
pernyataan lalu diberikan kepada respondent, serta dengan interview dan observasi. Interview
yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan zoom untuk mengetahui pendapat respondent
dan setelah itu ditranskripsikan ke dalam tulisan. Respondent pada penelitian ini adalah peserta
didik kelas XII SMA Negeri 21 Surabaya. Dengan sampel yang digunakan sebanyak 30 peserta
didik yang dipilih secara acak, karena karakteristik peserta didik dianggap relatif sama.
Berdasarkan hasil dari data yang masuk, sebanyak 73,3% peserta didik dari jumlah keseluruhan
memberikan respon positif. Hal ini juga disampaikan peserta didik pada interview bahwa materi
bulutangkis mudah dilakukan dimana saja dan tidak harus di dalam gedung. Berdasarkan hasil
observasi peserta didik lebih semangat dalam melakukan pembelajaran, Hal ini ditandai dengan
seringnya peserta didik bertanya dan memberikan pendapat saat pembelajaran. Dapat
disimpulkan. bahwa motivasi pembelajaran jasmani pada peserta didik kelas XII SMA Negeri
21 Surabaya sangat berpengaruh terhadap semangat peserta didik dalam melakukan setiap
aktivitas olahraga di rumah.


Kata Kunci: motivasi; pembelajaran bulutangkis; pandemi


Abstract
Badminton is an effective sport to be used as a daily physical activity because it is fun and easy
to do anywhere. Thus, students are expected to be more motivated to do the exercise. The
purpose of this study was to determine the level of students's motivation in doing physical
activity through badminton, which is considered a fun sport that can be done at home during the
current pandemic. This study uses a mixed method which is sourced from the respondent's data
and information gathered by using a questionnaire which contains a number of statements given
to the respondent, as well as by using interview and observation. The interviews in this study is
conducted through zoom to determine the respondent's opinion which will then be transcribed
into writing. Respondents in this study were students of class XII SMA Negeri 21 Surabaya.
This research used as many as 30 students who were randomly selected as samples because the
characteristics of students were considered relatively similar. Based on the results of the data
entered, 73.3% of the students gave a positive response. This was also conveyed by students in
the interview that badminton material is easy to do anywhere and does not have to be in a
building. Based on the results of observations of students, they are more enthusiastic about
learning. This is indicated by the frequency of students asking questions and giving opinions
during learning. It can be concluded that the motivation of physical learning in class XII
students of SMA Negeri 21 Surabaya is very influential on the enthusiasm of students in doing
any sports activities at home.


Keywords: motivation; badminton learning; pandemic

Published
2021-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 144
PDF Downloads: 433