HUBUNGAN HASIL NILAI PENGETAHUAN DENGAN HASIL NILAI KETERAMPILAN PADA PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA

  • Ihza Hanif Rofiful Universitas Negeri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran yang mampu mempengaruhi ranah kognitif dan psikomotor siswa. Hasil belajar passing sepak bola di SMPN 1 Masalembu diketahui adanya ketimpangan hasil belajar nilai pengetahuan dan nilai keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada korelasi nilai pengetahuan dengan nilai keterampilan pada pembelajaran passing sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Masalembu. Sedangkan pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yang diambil sebagai sampel dari kelas VIII diantaranya VIII-1 dan VIII-2 SMPN 1 Masalembu berjumlah 53 siswa. Data penelitian ini menggunakan nilai sekunder merupakan data hasil belajar dari hasil ulangan passing sepak bola berupa nilai pengetahuan dan nilai keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi spearman. Hasil penelitian ini diketahui adanya korelasi antara hasil nilai pengetahuan dengan nilai keterampilan siswa SMPN 1 Masalembu dengan nilai signifikan sebesar 0,004 dengan hasil 0,393 sehingga menghasilkan nilai r2 sebesar 15,5 %, dengan tingkat korelasi lemah, sedangkan arah hubungan pada penelitian ini bersifat positif sehingga hubungan kedua variabel bersifat searah, dengan nilai pengetahuan yang meningkat maka nilai keterampilan juga akan meningkat. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan nilai pengetahuan dengan nilai keterampilan pada pembelajaran passing sepak bola di SMPN 1 Masalembu.

Kata Kunci: nilai pengetahuan; nilai keterampilan; passing sepak bola

Abstract

Subjects Physical Education is one of the capable subjects affect the cognitive and psychomotor domains of students. The results of learning soccer passing at Junior High School 1 Masalembu show that there is an imbalance in the learning outcomes of knowledge values ​​and skill values. The purpose of this study was to determine whether there is a correlation between the value of knowledge and the value of skills in soccer passing learning. This research is a quantitative study using a correlational method. The population in this study were students of Junior High School 1 Masalembu. While the research sample was taken using cluster random sampling technique which was taken as a sample from class VIII including VIII-1 and VIII-2 Junior High School 1 Masalembu totaling 53 students. The data of this research uses secondary values ​​which are data on learning outcomes from the results of soccer passing tests in the form of knowledge values ​​and skill values. The data analysis technique used is the Spearman correlation test. The results of this study show that there is a correlation between the results of the knowledge value and the skills score of the students of Junior High School 1 Masalembu with a significant value of 0.004 with a result of 0.393 resulting in an r2 value of 15.5%, with a weak correlation level, while the direction of the relationship in this study is positive so that the relationship both variables are unidirectional, with the value of knowledge increasing, the value of skills will also increase. The conclusions of the results of this study indicate that there is a relationship between the value of knowledge and the value of skills in soccer passing learning at Junior High School 1 Masalembu

Keywords: knowledge value; skill value; passing football

Published
2021-06-16
Section
Articles