MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS 7 SMP AS-SAADAH DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Muhammad Miftahul Ulum Universitas Negeri Surabaya
  • Faridha Nurhayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pandemi COVID-19 mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. Hal ini berdampak terhadap tingkat minat belajar siswa terutama pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa dan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) di masa pandemi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket minat belajar siswa yang dibagikan secara daring melalui google form dengan jumlah sampel  sebanyak 3 kelas siswa kelas VII dengan total jumlah 97 siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Angket yang digunakan dalam artikel ini diadopsi dari penelitian terdahulu.Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) secara daring cukup baik dengan persentase sebesar 56,7%  dengan hasil setiap kis-kisinya adalah 5,2% baik; 36,1% kurang baik; 2,1% tidak baik  dan untuk minat belajar siswa diperoleh berdasarkan kategori sangat tinggi 5,2%; Tinggi 56,7%; Cukup 32%; rendah 6,2% dan sangat rendah 0%.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah, hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) secara daring termasuk kategori cukup baik, dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) dimasa pandemi COVID-19 tergolong kategori baik.

Kata Kunci: pembelajaran daring; minat belajar; covid-19

Abstract

The COVID-19 pandemic requires learning to be done online. This has an impact on the level of student interest in learning, especially in Physical Education Sport and Health subjects. This study aims to determine how much student interest in learning and learning outcomes in Physical Education Sport and Health subjects during the pandemic. This type of research uses a descriptive quantitative approach. The instrument in this study used a student learning interest questionnaire which was distributed online via google form with a total sample size of 3 classes of grade VII students with a total of 97 students using a questionnaire data collection technique. The sampling technique used was cluster random sampling. The questionnaire used in this article was adopted from previous research. The data analysis technique used was a percentage. The results showed that, the student learning outcomes in online Physical Education Sport and Health subjects were quite good with a percentage of 56.7% with the results for each score was 5.2% good; 36.1% less well; 2.1% is not good and for students' interest in learning is obtained based on the very high category 5.2%; High 56.7%; Enough 32%; low 6.2% and very low 0%. The conclusion of this study is that student learning outcomes in online Physical Education Sport and Health learning are in a fairly good category, and student interest in learning Physical Education Sport and Health during the COVID-19 pandemic is in a good category.

Keywords: online learning; interest in learning; covid-19

 

Published
2021-06-17
Section
Articles