PENGARUH PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI MASA PANDEMI

  • Dicky Darmawan Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pandemi Covid 19 berdampak pada pendidikan di Indonesia. Khususnya pada mata pelajaran pendidikan jasmani, dimana pendidikan jasmani tidak hanya mempelajari tentang kebugaran jasmani namun juga membentuk karakter siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh antara pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab terhadap hasil belajar pendidikan jasmani dimasa pandemi. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan  asosiatif  kausal. Subjek penelitian adalah  siswa SMA Negeri 11 Surabaya, kelas XI berjumlah 342 siswa. Menggunakan teknik sampling probability sampling jenis simple random sampling diperoleh sampel sejumlah 170 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis dengan metode multiple correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pendidikan jasmani dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan secara parsial, pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pendidikan jasmani dengan nilai signifikansi sebesar 0,048. Sebagai simpulan secara parsial, pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Secara simultan pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pendidikan jasmani.

Kata Kunci: karakter; hasil belajar; pendidikan jasmani

 

The Covid-19 pandemic has an impact on education in Indonesia. Especially in physical education subjects, where these subjects not only studied about physical education in theory but also build the character of the students. The purpose of this research is to know and analyze the influence between character building of discipline and responsibility on physical education learning outcomes in pandemic. This research is a type of quantitative research with a causal associative approach. The subject of these research are the 11th grade students of SMA Negeri 11 Surabaya totaled 342 students. Using a probability sampling technique of simple random sampling, a sample of 170 students was obtained. Data collecting technique using a questionnaire with likert scale. Data analysis carried out by descriptive statistical analysis, classic assumption test, hypothesis testing with multiple correlation method. The results of this research showed that character forming variable of discipline and responsibility simultaneously gave positive and significant effect on learning outcomes of physical education with a significant value of 0,000. Partially, character building of discipline and responsibility gave positive and significant effect on learning outcomes of physical education with a significant value of 0,048. As a conclusion partially, character building of discipline and responsibility has a positive and significant impact on physical education learning outcomes. Simultaneously character  building of discipline and responsibility has a positive and significant impact on physical education learning outcomes.

 

Keywords: character; learning outcomes; physical education

 

Published
2021-06-17
Section
Articles