SURVEI MINAT BELAJAR SISWA DALAM MEMAKSIMALKAN PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Sholihah Hanim Universitas Negeri Surabaya
  • Nanang Indriarsa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam memaksimalkan pembelajaran PJOK secara daring pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Cerme dengan populasi sebanyak 220 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling yang melibatkan 122 siswa dengan 66 siswa laki-laki dan 56 siswa perempuan, serta pengumpulan data yang digunakan berupa angket dengan metode skala likert. Angket tersebut berisi 27 pertanyaan yang dijawab melalui google form sesuai dengan yang dirasakan siswa saat proses pembelajaran daring berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam memaksimalkan pembelajaran daring sebagian besar dipengaruhi oleh faktor media yang diberikan yaitu guru memberikan video sudah sesuai dengan materi yang diajarkan 50% siswa setuju dan 23% siswa sangat setuju, faktor performa guru yaitu penampilan guru saat pembelajaran yang sopan dan rapi meskipun tidak bertatap muka 47,5% siswa setuju dan 36,9% siswa sangat setuju, serta faktor penugasan yang diberikan oleh guru sesuai dengan pengetahuan siswa ketika saat proses pembelajaran 54,1% siswa setuju dan 27,9% siswa sangat setuju. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu mayoritas minat siswa dalam pembelajaran PJOK secara daring dipengaruhi oleh faktor media yang diberikan guru, performa guru dan faktor penugasan sesuai dengan materi.

Kata Kunci: minat siswa; pembelajaran PJOK; virus corona

Abstract

This research was to identify the factors that influence student’s interest in maximizing online PJOK learning during the Covid-19 pandemic. This type of research is descriptive quantitative with survey research method. The sample of this research was conducted at SMPN 2 Cerme with a population of 220 students. The sampling technique used was quota sampling which involved 122 students with 66 male students and 56 female students, and data collection used in the form of a questionnaire with the likert scala method. The questionnaire contains 27 questions answered via google form according to what students feel during the online learning process. The result showed that the factors that influenced student’s interest in maximizing online learning, mostly influenced by the media factors provided that the teacher providing videos by the material taught 50% of students agree and 23% of students strongly agree, the teacher's performance factor is appearance during learning are polite and neat even though they are not facing to face 47.5% of students agree and 36.9% of students strongly agree, and the assignment factor given by the teacher is following the student’s knowledge during the learning process 54.1% of students agree and 27, 9% students strongly agreed. This study concludes that the majority of student interest in learning corner online is influenced by the factor of the media factor given by the teacher, teacher performance and assignment factor according to the material.

Keywords: students’ interest; physical education sport and health learning; corona virus

 

Published
2021-06-21
Section
Articles