PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR UNDERHAND PASS VOLLEYBALL SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 LAMONGAN

  • Akhlis Zamroni Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pada dasarnya tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh pada hasil belajar underhand pass volleyball dengan penerapan metode pembelajaran bagian dan keseluruhan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian randomized control grup pre-test post-test dan merupakan jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 2 Lamongan, dengan menggunakan teknik cluster random sampling pada kelas XI di SMA tersebut. Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan underhand pass volleyball. Selanjutnya data keseluruhan dari nilai tes keterampilan akan dianalisis oleh peneliti dengan menggunakan uji t sampel berbeda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki nilai peningkatan pengetahuan sebesar 32,14%. Sedangkan untuk nilai keterampilan kelompok eksperimen memiliki nilai sig 0,004<0,05 dan mempunyai peningkatan sebesar 5,05%. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar underhand pass.

Kata Kunci: metode bagian dan keseluruhan; underhand pass; volleyball

 

Abstract

Basically the purpose of this study was to determine the effect of learning outcomes underhand pass volleyball by applying part and whole learning methods. In this study, researchers used pre-test post-test randomozed control group design and it is a type of quasi-experiment. The population in this study were students of SMA Negeri 2 Lamongan, using cluster random sampling technique in class XI in the SMA. Furthermore the data collection technique used the underhand pass volleyball skill test. Furthermore the overall data from the skill test scores will be analyzed by researchers using different sampel T tests. The analysis showed that the experimental group had an increase in knowladge of 32,14%. whereas for the skill value of the experimental group has a sig value of 0,004<0,05 and has an increase of 5,05%. so it can be concluded that this study has a significant effect on learning outcomes underhand pass.

Keywords: part and whole method; underhand pass; volleyball

Published
2021-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 27