PENGARUH PERMAINAN KASTI TERHADAP PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PJOK

  • Ariya Seta Nugraha Universitas Negeri Surabaya
  • Sasminta Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Permainan kasti merupakan permainan yang menggunakan alat berupa tongkat pemukul dan bola kecil. Penelitian dilakukan  di SMAN 3 Kota Mojokerto. enelitian ini bertujuan untuk mengetahui ngaruh permainan kasti terhadap pembentukan nilai-nilai karakter siswa dalam pembelajaran PJOK kelas X IPA IV. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu metode one group pre-test-post-test design. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan sampel dalam penelitian yaitu kelas X IPA 4 SMAN 3 Kota Mojokerto yang berjumlah 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah mean dengan nilai karakter disiplin dan kerja sama tertinggi terdapat di pertemuan ketiga sebesar 2,89 dan 2,42, nilai karakter disiplin terendah pada pertemuan 2 dengan rata-rata 2,58, nilai karakter kerja sama terendah pada pertemuan pertama dengan rata-rata 0,417, uji normalitas dengan hasil karakter disiplin sebesar 0,450 signifikan 0,000 dan kerja sama sebesar 0,205 signifikan 0,000, uji beda antar pengamatan karakter disiplin  sebesar 0,023 dan kerja sama 0,000. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari permainan kasti terhadap nilai karakter disiplin dengan persentase sebesar 6,48% dan terbilang efektif meningkatkan nilai kerja sama dengan persentase sebesar 66,7%.

Kata Kunci: permainan kasti; karakter; pendidikan jasmani

Abstract

The game of baseball is a game that uses tools in the form of a bat and a small ball. The research was conducted at SMAN 3 Kota Mojokerto. This study aims to determine whether there is an effect of playing baseball on the formation of student character values in learning PJOK class X IPA IV. This research is a quasi-experimental research using a quantitative approach. The research design used was the one group pre-test-post-test design method. This study used cluster random sampling technique with the sample in the study, namely class X IPA 4 SMAN 3 Kota Mojokerto, totaling 36 students. The data analysis technique used in this study was the mean with the highest value of discipline and cooperation character in the third meeting of 2.89 and 2.42, the lowest value of discipline character at meeting 2 with an average of 2.58, the lowest cooperation character value at the first meeting with an average of 0.417, the normality test with the results of disciplinary characteristics of 0.450 significant of 0.000 and cooperation of 0.205 significant of 0.000, the difference test between observations of disciplinary characters is 0.023 and cooperation is 0.000. Based on the results of the analysis, it can be concluded that there is an effect of playing baseball game on the value of discipline character with a percentage of 6.48% and is considered effective in increasing the value of cooperation with a percentage of 66.7%.

Keywords:   baseball game; character; physical education

 

Published
2021-06-25
Section
Articles