GAMBARAN TINGKAT KERJASAMA SISWA DALAM PERMAINAN BOLA BAKAR

  • Petrus Maya Universitas Negeri Surabaya
  • Sasminta Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) menjadi satu matapelajaran wajib dalam struktur kurikulum di sekolah dasar dan menengah. Satu mandat penting PJOK dalam proses pendidikan adalah membangun karakter siswa menjadi lebih baik melalui aktivitas fisik, olahraga, dan permainan. Permainan kecil menjadi satu materi pokok yang dominan dalam PJOK di sekolah dasar. Sesuai dengan kebiasaan aktivitas berkelompok dalam bermain, karakter terdekat yang dapat dikembangkan adalah kerjasama. Banyak permainan yang diyakini dapat digunakan dalam membangun kerjasama, salah satunya adalah permainan bola bakar. Sayangnya, pembahasan tentang gambaran tingkat kerjasama siswa dalam bermain bola bakar masih belum didapatkan secara komprehensif. Untuk itu, tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kerjasama siswa dalam pembelajaran PJOK materi permainan bola bakar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Survei menggunakan angket tertutup menggunakan 5 tingkatan likert digunakan untuk mengukur kerjasama siswa. Sebanyak 29 siswa sekolah dasar (perempuan= 16, laki-laki=13) dipilih menggunakan cluster random sampling. Analisis data dimulai dengan uji validitas, reliabilitas, desktiptif statistik, dan proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil pengukuran tingkat kerjasama siswa dalam permainan bola bakar dinyatakan valid dan reliabel. Rata-rata nilai kerjasama siswa sebesar 146,6 masuk dalam kategori baik sekali. Berdasarkan distribusi frekuensi kerjasama siswa masuk dalam kategori baik (55%) dan baik sekali (46%). Akan tetapi masuk ada aspek yang masuk dalam kategori cukup yaitu aspek berbagi pengalaman dan menyelesaikan tugas (3%) dan aspek giat dan tekun (3%).

Kata Kunci: kerjasama; permainan kecil; bola bakar; siswa sekolah dasar

Abstract

Physical Education (PE) is a compulsory subject in the curriculum structure in primary and secondary schools. One important mandate of PE in the educational process is to build better student character through physical activity, sports, and games. Small games are the dominant subject matter in PJOK in elementary schools. In accordance with the habits of group play activities, the closest character that can be developed is cooperation. Many regulated games can be used in building cooperation, one of which is the game of burning ball. Unfortunately, the discussion on the description of the level of student cooperation in playing the fireball has not yet been collected. For this reason, the purpose of this article is to describe the level of student cooperation in learning PE with the fuel ball game material. This type of research is descriptive. The survey used a closed questionnaire using 5 levels to measure student cooperation. A total of 29 elementary school students (female = 16, male = 13) were selected using cluster random sampling. Data analysis begins with a test of validity, reliability, descriptive statistics, and proportions. The results showed that the results of measuring the level of student cooperation in ball games were declared valid and reliable. The average score of the students' cooperation of 146.6 is in the very good category. The frequency distribution of student cooperation is in the good category (55%) and very good (46%). However, there are aspects that fall into the sufficient category, namely aspects of sharing experiences and completing tasks (3%) and aspects of being active and diligent (3%).

Keywords: cooperation; small game; slag-ball; elementary school students

 

Published
2021-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 45