PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PJOK SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI KELAS XI SMK NEGERI 1 LAMONGAN

  • Agnes Febriyanti Eka Wardani Universitas Negeri Surabaya
  • Sasminta Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebelum dan selama pandemi siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Lamongan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Menentukan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamongan yang berjumlah 525 dengan sampel kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) dan XI Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) dengan jumlah sebanyak 69 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan skala pengukuran perbandingan antara nilai keterampilan gerak, pengetahuan siswa sebelum pandemi dan selama pandemi dengan melihat hasil nilai akhir pembelajaran  yang telah dilaksanakan peserta didik pada semester 3 secara luring dan semester 4 secara daring kelas XI di SMK Negeri 1 Lamongan pada mata pelajaran PJOK dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon signed ranks test. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar saat sebelum dan selama pandemi pada mata pelajaran PJOK SMK Negeri 1 Lamongan dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon signed ranks test menyatakan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,000 lebih kecil dari <0,05 sehingga menolak Ho dan dapat dilihat dari hasil nilai akhir rata-rata sebelum pandemi sebesar 87,85 sedangkan saat pandemi sebesar 86,01. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasilmata pelajaran PJOK sebelum pandemi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar selama pandemi.

 

Kata Kunci: perbandingan hasil belajar; sebelum pandemi; selama pandemi

Abstract

The purpose of this study was to determine the comparison of the learning outcomes of Sports and Health Physical Education (Coronay Disease) before and during the pandemic of class XI students at Public Vocational High School 1 Lamongan. This research was conducted using quantitative descriptive methods. Determining the sample using cluster random sampling technique. The population in this research were 525 students of class XI of Public Vocational High School 1 Lamongan whith a sample of class XI Accounting and financial Institutions (AKL) and class XI Online Business and Marketing (BDP) with a total of 69 students. This data collection technique uses a comparative measurement scale between the value of movement skills, student knowledge before the pandemic and during the pandemic by looking at the results of the final grades of learning that have been carried out by students in the  semester 3 offline and semester 4 online for class XI at the State Vocational High School 1 Lamongan. Coronary disease subjects and  the data analysis techniques used is the Wilcoxon signed ranks test. The results of this study state that there is a difference between learning outcomes before and during the pandemic in coronary disease subjects at Public Vocational High School 1 Lamongan. It can be seen from the results of the Wilcoxon signed ranks test which states that the significance value of 0.000 is less than <0.05, thus rejecting Ho and It can be seen from the results of the average final score before the pandemic was 87.85 while during the pandemic it was 86.01. The conclusion in this study are differences in learning outcomes in coronary disease  subjects before the pandemic is better than learning outcomes during the pandemic.

Keywords: comparison of learning outcomes; before pandemic; during pandemic

 

Published
2021-07-06
Section
Articles