IDENTIFIKASI KENDALA PEMBELAJARAN PENCAK SILAT SECARA DARING DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN SIDOARJO

  • Muhammad Pria Imam Afandi Universitas Negeri Surabaya
  • Hamdani Hamdani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami oleh guru dan siswa pada saat melakukan pembelajaran PJOK materi pencak silat secara daring. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara yang dikombinasikan dengan google form dan observasi di beberapa sekolah. Populasi penelitian ini adalah Guru PJOK SMP Negeri se-Kabupaten Sidoarjo berjumlah 110 Guru dari 42 sekolah. Sampel yang digunakan sebanyak 42 Guru dari 42 sekolah. Dari hasil penelitian dapat ditemukan fakta bahwa masih banyak kendala yang dialami oleh guru maupun siswa pada saat melakukan pembelajaran pencak silat. seperti tingkat penguasaan guru maupun siswa dalam hal teknologi belum maksimal, kurangnya pemahaman guru mengenai materi pencak silat dan masih ada guru yang enggan memberikan materi pencak silat dikarenakan kurangnya menguasai pencak silat, adanya kebijakan yang mengharuskan pengurangan alokasi waktu terhadap materi PJOK yang beresiko cedera seperti pencak silat dan senam lantai yang menyebabkan kurang maksimalnya pemberian materi oleh guru, kurangnya antusias dan minat siswa terhadap materi pencak silat, masih terdapat siswa yang masih belum mempunyai handphone dan juga keterbatasan kuota.Dari hasil penelitian ini berhasil disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK materi pencak silat secara daring belum terlaksana dengan maksimal dikarenakan banyaknya kendala yang dihadapi oleh guru maupun siswa yang menyebabkan kurang antusiasnya guru maupun siswa terhadap pembelajaran PJOK materi pencak silat.

Kata Kunci: kendala pembelajaran;  pencak silat;  pembelajaran daring

Abstract

The objective of this study was to find out obstacles experienced by teachers and students when carrying out online Physical Education, Sports, and Health (PJOK) learning in pencak silat material. The research method was qualitative descriptive and the data collection technique were interview combined with google form and observation at some schools. The population of this research were 110 PJOK Teachers at 42 State Junior High Schools in Sidoarjo. while the sample were 42 Teachers from 42 schools.. The result showed that there are many obstacles happened to the teacher and students when doing the pencak silat learning such as the teacher and student's mastery levels in technology were not at maximum, lack of teacher's understanding about the pencak silat material, and there are many teacher who didn’t give the material, there were policies that require a reduction in time allocation on the PJOK material which risk of injury, such as pencak silat and floor gymnastics, causes teachers to lack the maximum of material giving, lack of enthusiasm and students' interest in pencak silat material, and there were some students who did not have mobile phone and the limited of the mobile data. Based on the results of this study, it can be concluded that online PJOK learning in pencak silat materialhad not been implemented optimally due to the many obstacles encountered by teachers and students that caused the lack of enthusiasm for teachers and students towards PJOK learning in pencak silat material.

Kata Kunci: learning constraints; pencak silat; online learning

 

Published
2021-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 54