PENGARUH SAAT MENSTRUASI TERHADAP MOTIVASI MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK

  • Ilfi Nur Hasniawati Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Sri Wahjuni Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani seringkali memerlukan banyak aktivitas fisik. Pendidikan jasmani di sekolah berperan aktif dalam meningkatkan kebugaran peserta didik. Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak digemari oleh peserta didik karena melibatkan aktivitas fisik yang menyenangkan sehingga dapat memotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Namun ada beberapa peserta didik terutama perempuan yang tidak mengikuti pembelajaran tersebut karena menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pengaruh menstruasi terhadap pembelajaran olahraga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan review literatur dengan menggunakan 10 jurnal sebagai data yang di review yang terbit pada tahun 2010 sampai dengan tahun 2020 dengan mencari di Google Scholar dan situs web DOAJ (Directory of Open Access Journals), ScienceDirect, Academia.edu. Menstruasi sangat mempengaruhi aktivitas fisik serta motivasi peserta didik, karena seringkali peserta didik mengalami menstruasi disertai dengan nyeri yang dirasakan pada bagian perut, sehingga membuat peserta didik merasa tidak nyaman. Hal tersebut memberikan efek buruk bagi peserta didik yang mengalami menstruasi, dengan adanya peristiwa tersebut menjadikan peserta didik tidak dapat mengikuti pembelajaran dan dapat berakibat ketertinggalan materi tersebut. Dapat disimpulkan bahwa menstruasi dapat mempengaruhi motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK yang disebabkan karena beberapa faktor yaitu nyeri menstruasi, perasaan tidak nyaman, dan khawatir terjadinya bocor ketika banyak melakukan aktivitas gerak.

Kata Kunci: menstruasi; motivasi; pendidikan jasmani

Abstract

Physical education often requires a lot of physical activity. Physical education in schools plays an active role in improving the fitness of students. Physical education is one of the subjects favored by students because it involves fun physical activities so that it can motivate to take part in learning. However, there were some students, especially women who did not participate in the learning because of menstruation. This study aims to obtain an overview of the effect of menstruation on learning sports. The method used in this study used a literature review using 10 journals as reviewed data published in 2010 to 2020 by searching on Google Scholar and the DOAJ website (Directory of Open Access Journals), ScienceDirect, Academia.edu. Menstruation greatly affects the physical activity and motivation of students, because often students experience menstruation accompanied by pain that is felt in the abdomen, thus making students feel uncomfortable. This has a bad effect for students who experience menstruation, with this event it makes students unable to participate in learning and can result in being left behind in the material. It can be concluded that menstruation can affect the motivation of students in participating in PJOK learning due to several factors, namely menstrual pain, feelings of discomfort, and worry about leaks when doing a lot of movement.

Keywords: menstruation; motivation; physical education

 

Published
2021-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 190
PDF Downloads: 299