ANALISIS METODE EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PJOK MATERI PASSING BAWAH DAN PASSING ATAS BOLAVOLI

  • Dicky Oktavian Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Metode Experiential Learning merupakan salah satu bentuk metode pembelajaran yang menggabungkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai melalui pengalaman langsung dari para siswa dalam proses pembelajaran. Penulisan ini bertujuan untuk mengungkap dan menggambarkan bagaimana penerapan metode experiental learning dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Rekreasi (PJOK) materi passing bawah dan passing atas bolavoli. Penelitian ini merupakan studi literature review, teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan berbagai referensi dan rujukan yang relevan dengan topik permasalahan, menggunakan database Google Scholar dengan memasukkan kata kunci “metode experiental learning” “bolavoli”. Didapatkan 11 artikel diterbitkan tahun 2010 sampai tahun 2020 yang sesuai kriteria yaitu 6 jurnal internasional, 2 jurnal nasional terakreditasi sinta dan 3 jurnal nasional tidak terkareditasi. Proses review jurnal yaitu membaca tulisan-tulisan terkait topik permasalahan (abstract, heading, sub-heading, etc), mengevaluasi semua tulisan yang telah dibaca (akurasi, objektivitas, kemutahiran, dan cakupan), membuat ringkasan publikasi (nama, judul, keterkaitan, metode, dan hasil), dan menggabungkan hasil ringkasan menjadi cerita ilmiah mengenai simpulan suatu permasalahan. Berdasarkan proses analisis review jurnal, ditemukan bahwa metode experiential learning dapat meningkatkan hasil belajar, memberikan perbedaan dan peningkatan terhadap minat siswa, menumbuh dan kembangkan karakter siswa serta sebagai cara yang efektif untuk mendukung guru dan siswa untuk terhubung satu sama lain. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran experiential learning siswa dapat mempelajari konsep pembelajaran dengan cara baru, materi baru, dan menerapkan konsep ke dalam pengalaman serta menuntut siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: metode experiential learning; permainan bolavoli; passing

Abstract

The Experiential Learning method is a form of learning method that combines knowledge, skills, and values through direct experience of students in the learning process. This article aims to reveal and describe how experiential learning methods in learning Physical Education, Sports, and Recreation (PJOK) material for passing down and passing over volleyball. This research is a literature review study, and data collection techniques are collecting various references and references relevant to the topic of the problem, using the Google Scholar database by entering the keywords "experimental learning method” and “volleyball”. There were 11 articles published from 2010 to 2020 which matched the criteria: 6 international journals, 2 sinta accredited national journals and 3 uncredited national journals. The journal review process is reading articles related to the topic of the problem, evaluating the articles that have been read, making a summary of publications, and combining the summary results into a scientific summary regarding the conclusion of a problem. Based on the journal review analysis process, it was found that the experiential learning method can improve learning outcomes, reveal differences and improvements in students interest, and also the growth of student character as well as an effective way to support teachers and students to connect with each other. It can be concluded that the application of the experiential learning method allows students to learn learning concepts in new ways, new materials, and apply concepts to experience and expect students in order to more active in the learning process.

Keywords: experiential learning method; volleyball game; passing

 

Published
2021-07-13
Section
Articles