PENGARUH E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 1 KOKOP PADA PEMBELAJARAN PJOK

  • Anas Saifulloh Universitas Negeri Surabaya
  • Anung Priambodo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan adalah suatu pengembangan kemampuan yang meliputi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk memenuhi apa yang dibutuhkan. Pada masa pandemi COVID-19 media e-learning juga digunakan guru dalam melakukan proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK). Menurut kondisi yang ada, pembelajaran masih banyak berpusat pada guru sebagai narasumber aktif, padahal seharusnya saat ini pembelajaran harus berpusat pada siswa. Motivasi belajar adalah dorongan yang memberi energi ketika melakukan pembelajaran, sehingga motivasi sangat penting untuk mencapai suatu keberhasilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 1 Kokop. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Kokop. Sampel yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah 87 siswa SMP Negeri 1 Kokop. Teknik yang digunakan untuk pemilihan sampel adalah teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data penelitian menggunakan teknik regresi dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikasi penggunaan e-learning terhadap motivasi yaitu 0,016 < 0,05 dengan sumbangan sebesar 6,7 %. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi siswa pada saat mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK).

Kata Kunci: e-learning; motivasi; pandemi

Abstract

Education is a development of abilities that includes aspects of knowledge, attitudes, and skills to fulfill what is needed. During the COVID-19 pandemic, e-learning media were also used by teachers in the learning process. According to the problems that exist during the learning process, the Physical Education Sport and Health teacher is a resource person who actively provides knowledge, whereas at present the system that is mostly used is student-centered learning. Motivation to learn is an encouragement that provides energy when learning, so motivation is very important to achieve success. This study aims to determine how much influence e-learning has on student learning motivation in physical education subjects at Junior High School 1 Kokop. The population in this study were all students of Junior High School 1 Kokop. The sample used by researchers in this study were 87 students of Junior High School 1 Kokop. The technique used for sample selection is cluster random sampling technique. The instrument used in this study was a questionnaire whose validity and reliability had been tested. Researchers analyzed using regression techniques and the coefficient of determination. The results of this study indicate that the significance value of the use of e-learning on motivation is 0.016 <0.05 with a contribution of 6.7%. The conclusion of this study is that there is an effect of using e-learning on student motivation when participating Physical Education Sport and Health learning.

Keywords:  e-leaning; motivation; pandemic

 

Published
2021-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 178
PDF Downloads: 121