PENGARUH PEMANASAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK

  • Garzena Sisilya Kusuma Wardany Universitas Negeri Surabaya
  • Sasminta Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanasan melalui permainan tradisional terhadap motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada kelas XI MAN 1 Gresik. Metode pada penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan pre-test dan post-test desain. Pengumpulan data dilakukan melalui google form angket motivasi. Populasi penelitian ini siswa kelas XI MAN 1 Gresik dengan sampel sebanyak 80 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sample random sampling. Teknik analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solutions dengan formula hasil mean pretest-posttest (nilai mean pretest sebesar181,75 dan nilai mean post-test sebesar 176,8  jadi dari hasil menunjukkan nilai mean pre-test lebih tinggi daripada post-test.  Hasil uji normalitas Smir-nov dengan nilai pre-test 0,617 > 0,05 dan post-test 0,451 > 0,05 yang menunjukkan nilai tersebut berdistribusi normal, hasil uji homogenitas dengan nilai sig pre-test dan post-test diperoleh hasil 0.301 > 0.05 yang menunjukkan bersifat homogen dan hasil uji T Uji. Dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa, tidak terdapat pengaruh pemanasan melalui permainan tradisional terhadap motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas XI MAN 1 Gresik sig. 0.451 > 0,05 atau Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi kesimpulan dari hasil treatment yang diberikan dapat diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh pemanasan melalui permainan tradisional terhadap motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas XI MAN 1 Gresik.

Kata kunci: permainan tradisional; motivasi; PJOK

 

                                                                       Abstract

The purpose of this study is to find out the influence of warming through traditional games on students' motivation in following the learning of Physical Education, Sports and Health in class XI MAN 1 Gresik. The method in this study is to use a type of pseudo experiment research (quasi experiment) with quantitative approach and use pre-testand post-test des-ain. Data collection is done through google motivation questionnaire form. Research population this grade XI MAN 1 Gresik students with a sample of 80 students taken using sample random sampling techniques. Data analysis techniques using Statistical Product and Service Solutions with a formula of mean pretest-posttest results (pretest mean value of 181.75 and post-test mean value of 176.8 so from the results showed a higher pre-test mean value than post-test. Smirnov normality test result with pre-test value 0.617 > 0.05 and post-test 0.451 > 0.05 which indicates the value is normally distributed, homogeneity test result with pre-test sig value and post-test result obtained 0.301 > 0.05 which shows homogeneous and T Test. From the calculation results it can be known that, there is no influence of warming through traditional games on students' motivation in following the learning of Physical Education, Sports and Health in students of grade XI MAN 1 Gresik sig. 0.451 > 0.05 or Ha accepted and Ho rejected. So he conclusion of the treatment results given can be known that there is no influence of warming through traditional games on the motivation of students in following the learning of Physical Education, Sports and Health in students of grade XI MAN 1 Gresik.

Keywords: traditional games; motivation; physical education sport and health

 

Published
2021-07-17
Section
Articles