PERBEDAAN KARAKTER SISWA BERDASARKAN KEIKUTSERTAANYA DALAM EKSTRAKURIKULER BELADIRI DAN NON-BELADIRI

  • Muhammad Ahlul Firdaus Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Maksum Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian empiris mengenai ekstrakurikuler banyak mengesampingkan gagasan berkaitan dengan karakter yang ada di dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler tersebut namun pada kenyataannya karakter siswa dapat diketahui dari keikutsertaan dalam ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan karakter siswa yang mengikuti ekstrakurikuler  beladiri dan non beladiri. Penelitian ini menggunakan metode survei skala Likert dengan pendekatan kuantitatif. 72 sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 1 Gandusari Trenggalek yang mengikuti ekstrakurikuler  beladiri dan non beladiri. Penilaian karakter siswa berdasarkan pada kerja keras, kepedulian, menghargai prestasi, religi, disiplin, dan kepemimpinan serta teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa yang mengikuti ekstrakurikuler beladiri memiliki karakter yang lebih kuat dibandingkan dengan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler non beladiri dengan pembuktian nilai Thitung 4.230 > nilai Ttabel 1.994. Perbedaan yang signifikan terjadi pada dimensi kerja keras, kepedulian, dan menghargai prestasi. Sementara itu, pada dimensi religi, disiplin, dan kepemimpinan tidak ada perbedaan yang signifikan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya suatu perbedaan pada kelompok siswa ekstrakurikuler  beladiri dan kelompok siswa ekstrakurikuler non beladiri di SMP N 1 Gandusari Trenggalek dengan karakter kelompok siswa ekstrakurikuler beladiri lebih kuat dibandingkan dengan karakter siswa kelompok ekstrakurikuler  non beladiri yaitu pada karakter kerja keras, kepedulian, dan menghargai prestasi.

Kata kunci: karakter; ekstrakurikuler olahraga; beladiri; non-beladiri

Abstract

Empirical research on extracurriculars many put aside ideas related to the character that exists in the extracurricular learning process but in reality the character of the student can be known from participation in the extracurricular. This study aims to find out the differences in the character of students who follow extracurricular martial arts and non-martial arts. This research uses Likert scale survey method with quantitative approach. The samples in this study were grade IX students of SMP N 1 Gandusari Trenggalek who participated in extracurricular martial arts and non-martial arts. The assessment of students character is based on hard work, caring, respect for achievement, religion, discipline, and leadership as well as data analysis techniques in this study using T-test. The results showed that in general, students who participated in extracurricular martial arts had a stronger character compared to students who followed non-martial extracurriculars with proof (value t= 4.23; p< 0.01) Significant differences occur in the dimensions of hard work, caring, and appreciating achievement. Meanwhile, in the religious, discipline, and leadership dimensions there are no significant differences. The conclusion in this study is that there is a difference in the group of the extracurricular students of martial arts and the group of non-martial extracurricular students at SMP N 1 Gandusari Trenggalek with the character of the extracurricular student group martial arts stronger than the character of students of the non-martial extracurricular group that is in the character of hard work, caring, and appreciating achievement.

Keywords: character; sports extracurricular; martial arts; non-martial arts

 

Published
2021-07-18
Section
Articles