HUBUNGAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI

  • Redha Dwi Nurjaman Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kedisiplinan saat ini sangat penting diterapkan dan diperhatikan dalam kondisi pandemi covid-19 dalam mempertahankan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK melalui pembelajaran daring SMP Negeri 1 Durenan di masa pandemi covid-19. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Pada penelitian ini data didapat melalui instrumen yaitu berupa angket kedisiplinan dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai pengetahuan yang diambil melalui Ujian Tengah Semester (UTS) serta nilai keterampilan mata pelajaran PJOK. Cara penyebaran angket dilakukan secara online melalui google form. Dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 22 responden laki-laki dan 38 responden perempuan yang diambil dari 3 kelas VIII B, C, dan D SMP Negeri 1 Durenan. Analisis data menggunakan program SPSS dengan menggunakan bantuan Ms. Excel untuk mengolah data responden. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini meliputi persentase, frekuensi, minimum, maximum, nilai rata-rata, standar deviasi, uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji korelasi Spearman dikarenakan datanya yang tidak normal. Hasil penelitian ini menunjukkan rhitung (0,285) dan rtabel (0,254) dengan nilai signifikansi sebesar 0,05 yang berarti nilai rhitung lebih besar dari pada rtabel. Jadi dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan pada pembelajaran PJOK.

Kata Kunci: hasil belajar; siswa; kedisiplinan

Abstract

Discipline is currently essential to be applied and considered in the conditions of the COVID-19 pandemic in maintaining and improving student learning outcomes. The purpose of this study is to find out whether there is a relationship between discipline and student learning outcomes in PJOK subjects through online learning at SMP Negeri 1 Durenan during the covid-19 pandemic. The research method uses quantitative descriptive using a correlational approach. In this study, the data obtained through the instrument in the form of a disciplinary questionnaire, while student learning outcomes were obtained from the value of knowledge taken through the Mid-Semester Examination (UTS) and the value of PJOK subject skills. The method of distributing the questionnaire is done online through the google form. The number of research subjects is 60 students consisting of 22 male respondents and 38 female respondents taken from 3 classes VIII B, C, and D SMP Negeri 1 Durenan. Data analysis using SPSS program with the help of Ms. Excel to process respondent data. The analytical techniques used in this study include percentage, frequency, minimum, maximum, average value, standard deviation, normality test using Kolmogorov Smirnov and Spearman correlation test because the data is abnormal. The results of this study indicate rcount (0.285) and rtable (0.254) with a significance value of 0.05, which means that the value of rcount is greater than rtable. So from the results of this study, it can be concluded that there is a positive and significant relationship between discipline and student learning outcomes of class VIII SMP Negeri 1 Durenan in PJOK learning.

Keywords: learning outcomes; students; discipline

 

Published
2021-07-23
Section
Articles