ANALISIS KONDISI CORE STRENGHT MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNESA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PENJASBUG DIMASA PANDEMI

  • Faqur Nur Raiyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhasan Nurhasan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pandemi covid-19 menyebabkan pembelajaran dilakukan secara daring. Aktivitas fisik mahasiswa semakin berkurang dikarenakan hanya duduk, berbaring, dan bermain gadget. Hal ini menyebabkan naiknya berat badan dan terjadi obesitas yang berdampak terhadap keseimbangan tubuh karena kekuatan otot perut yang menurun. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kondisi core strenght mahasiswa Pendidikan Geografi selama pembelajaran mata kuliah Pendidikan Jasmani dan Kebugaran dimasa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Eksperimen Semu. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini di ambil dari mahasiswa Pendidikan Geografi 2020 Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNESA sebanyak 83 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan instrumen untuk mengukur kekuatan core strenght menggunakan plank test. Berdasarkan analisis data menggunakan Kolmogorof-Smirnov Test menunjukkan bahwa nilai signifkansi pre test dan post test lebih kecil dari 0,05 yang berarti distribusi data tidak normal. Dilanjutkan dengan Uji Beda Non Parametrik Dependent Wiloxon bahwa ada perbandingan hasil tes keterampilan plank test yang signifikan antara pre test dan post test dengan rata-rata hasil yang diperoleh pre test 42.99 dan rata-rata hasil yang diperoleh post test 54.22. menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum dan sesudah test. Hasil test wiloxon diperoleh sebanyak 61 mahasiswa mengalami peningkatan, 16 mahasiswa mengalami penurunan dan 6 mahasiswa tetap . Hasil kesimpulan yang diperoleh terjadi peningkatan kondisi core strenght mahasiswa Pendidikan Geografi UNESA selama menempuh mata kuliah Pendidikan Jasmani dan Kebugaran dimasa pandemi covid-19.

Kata Kunci: pendidikan jasmani; pembelajaran daring; core strenght

Abstract

The COVID-19 pandemic has forced learning to take place online. Students' physical activity is decreasing because they just sit, lie down, and play gadgets. This causes weight gain and obesity which affects the balance of the body due to decreased abdominal muscle strength. This study aims to determine the improvement of thecondition  core strength of Geography Education students during the learning of Physical Education and Fitness courses during the pandemic. The type of research used is a quantitative approach with a quasi-experimental research design. The sample used for this study was taken from 83 students of Geography Education 2020 Faculty of Social Sciences and Law UNESA. This study using sampling techniques purposive and instruments for measuring the strength of core strenght using the plank test. Data analysis using the Kolmogorof-Smirnov Test, it shows that the significance value of the pre test and post test is less than 0.05, which means that the data distribution is not normal. Followed by the Difference Test Wiloxon Dependent Non-Parametric  that there is a significant comparison of the skills test results plank test between the pre test and post test with the average results obtained by the pre test 42.99 and the average results obtained by the post test 54.22. showed an increase from before and after the test.results Wiloxon test obtained as many as 61 students experienced an increase, 16 students experienced a decrease and 6 students remained. The conclusions obtained were an increase in thecondition core strength of UNESA Geography Education students while taking Physical Education and Fitness courses during the covid-19 pandemic Learning, Core.

Keywords: physical education; online learning; core strenght

 

Published
2021-07-24
Section
Articles