DAMPAK AKTIVITAS FISIK DALAM MENGATASI STRES SISWA SAAT PANDEMI COVID-19

  • Dafid Dwi Cahyo Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Maksum Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pandemi covid-19 berdampak langsung terhadap bermacam sektor di seluruh dunia salah satunya yaitu sektor pendidikan. Akibat penyebaran virus yang cepat dan masif serta kasus positif dan kematian yang semakin bertambah menyebabkan sistem pembelajaran di Indonesia semula tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dengan istilah populer yaitu pembelajaran daring (dalam jaringan). Selama pandemi siswa mengalami masa transisi yang terlalu cepat dan beban tugas pembelajaran yang bertambah. Stres yaitu suatu keadaan yang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia yang memiliki banyak faktor penyebab. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui dampak aktivitas fisik dalam mengatasi stres siswa saat pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 50 Surabaya, sampel yaitu 58 siswa kelas IX yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Untuk mengukur aktivitas fisik siswa usia remaja digunakan PAQ-A (Physical Activity Questionnaire for Adolescent) dan untuk mengukur tingkat stres siswa digunakan DASS 42 (Depression Anxiety Stress Scales). Pengumpulan data dilaksanakan pada maret 2021. Data dianalisis menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas fisik berdampak signifikan dalam mengatasi stres dengan arah pengaruh negatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu semakin tinggi aktivitas fisik maka semakin menurun tingkat stres yang dialami siswa selama masa pandemi covid-19.

Kata Kunci: aktivitas fisik; stres; pandemi covid-19

Abstract

The covid-19 pandemic has a direct impact on kind of sectors around the world, one of which is the education sector. Due to the rapid and massive spread of the virus as well as the increasing number of positive cases and deaths causes the learning system in Indonesia was beginning face-to-face becomes distance learning popular terms is online learning. During the pandemic, students experience a transition period that is too fast and the burden of learning tasks increases. Stress is a situation that cannot be avoided by every human being which has many causes. This study aims to knowing the impact of physical activity in dealing with student stress during the Covid-19 pandemic. This research is a quantitative descriptive research with survey method. The population in this study are students of Junior High School 50 Surabaya, the sample consisted of 58 students of class IX taken by simple random sampling technique. Data was collected using a questionnaire distributed via google form. To measure the physical activity of adolescent students used PAQ-A (Physical Activity Questionnaire for Adolescent) and to measure student stress levels used DASS 42 (Depression Anxiety Stress Scales). Data collection was carried out in March 2021. Data were analyzed using a simple regression test. The results of the study show that physical activity has a significant impact on overcoming stress in a negative impact. The conclusion of this study is that the higher the physical activity, the lower the stress level experienced by students during the covid-19 pandemic.

Keywords: physical activity; stress; covid-19 pandemic

Published
2021-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 319
PDF Downloads: 408