PERMAINAN KECIL TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • Reynaldi Tegar Trisakti Universitas Negeri Surabaya
  • Sasminta Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak  

Guru sering menghadapi kendala saat pembelajaran contohnya tidak memperhatikan arahan guru, tidak disiplin, kurangnya kerja sama, sportif dan sopan santun. Tujuan dari penelitian ini adalah membahas tentang pemanfaatan permainan kecil terhadap nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PJOK. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu menggunakan studi literatur dengan sumber-sumber dan jurnal penelitian terdahulu yang berasal dari google schoolar dan jurnal terakreditasi SINTA. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan literature review ini adalah pendekatan kualitatif, karena kumpulan data yang digunakan sebagai kajian literatur terdiri dari jurnal penelitian terdahulu dan buku yang relevan dengan judul dan permasalahan. Setelah data dan sumber-sumber yang telah dikumpulkan kemudian akan ditelusuri sesuai dengan topik permasalahan, relevansi topik, penggunaan permainan kecil, permasalahan nilai-nilai karakter pada sumber dan tahun penelitian yakni 10 tahun terakhir  serta data yang saling berhubungan. Dalam menganalisis literature review ini metode yang digunakan adalah metode semi-systematic, karena setelah menemukan data dan sumber-sumber yang relevan dengan permasalahan, maka dianalisis setiap sumber-sumber tersebut sesuai dengan kelebihan dan kekurangannya serta kesamaan dengan topik yang ada pada jurnal penelitian. Hasil dari 17 sumber kajian literatur yang digunakan dalam artikel ini terdapat hasil bahwa permainan kecil berdampak yang cukup signifikan terhadap pembentukan nilai-nilai karakter siswa dan juga dapat melestarikan budaya bangsa. Kemudian, dari sumber-sumber literatur yang telah dikumpulkan dan dibahas dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan kecil dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan nilai-nilai karakter siswa.

Kata Kunci : permainan kecil; pendidikan jasmani olahraga kesehatan; nilai-nilai karakter

Abstract

In the PJOK learning process, teachers often face various kinds of obstacles for example, not paying attention to the teacher's direction, undisciplined, lack of cooperation, sportsmanship and politeness. The purpose of this study is to discuss the use of small games on character values ​​in PJOK learning. The research method used in writing this article is a literature study with sources and previous research journals originating from google scholar and SINTA accredited journals. The approach used in writing this literature review is a qualitative approach. The data collection used as a literature review consists of previous research journals and books relevant to the title and problem. In analyzing this literature review, the method used is a semi-systematic method.  After the data and sources that have been collected will then be traced according to the topic of the problem, the relevance of the topic, namely the use of small games, the problem of character values ​​according to the source and year of research, namely the last 10 years and related data. After successfully finding data and sources that are relevant to the problem, each of these sources is analyzed according to their strengths and weaknesses as well as similarities to the topics in the research journal.

Key word :  small game; physical education sport and health; character values

 

Published
2021-07-28
Section
Articles