IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMK SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO

  • Mochammad Viqy Febrianta Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pada saat pandemi banyak sekolah beralih menjadi pembelajaran daring menggunakan E-Learning. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan problematika dalam penggunaan E- Learning dalam proses pembelajaran Pendidikan jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) selama pandemi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sepuluh Nopember Sidoarjo. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptf, dengan populasi 1200 siswa dan penentuan subjek dilakukan dengan random sampling yang terdiri dari 3 orang guru PJOK serta 72 siswa di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta angket melalui google form. Metode pengecekan informasi menggunakan Triangulasi, serta metode analisis informasi memakai 3 konsep metode yaitu reduksi informasi, penyajian informasi serta penarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penggunaan E-Learning pada mata pelajaran PJOK di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo terdapat problematika yang bisa diidentifikasi diantaranya adalah kurangnya pendukung dalam sarana dan prasarana, kurangnya persiapan dalam penggunaan media pembelajaran, kurang siapnya guru dan siswa dalam menerima perubahan teknologi dalam pembelajaran, kurangnya monitoring secara berkala untuk memantau penggunaan E-Learning di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pada penggunaan E-Learning pada pembelajaran PJOK mengalami banyak problematika. Dengan demikian, penggunaan E-Learning pada pembelajaran PJOK masih banyak yang harus dibenahi agar penggunaan E-Learning pada seluruh pembelajaran khususnya pembelajaran PJOK di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo bisa maksimal dan lebih baik.

Kata Kunci: e-learning, problematika, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

Abstract

During the pandemic, many schools switched to online learning using E-Learning. This study aims to solve problems in the use of E-Learning in the PJOK learning process during the pandemic at the Vocational High School (SMK) Sepuluh Nopember Sidoarjo. The use of E-Learning is facilitate students in learning. This research is a descriptive qualitative research, with population of 1200 students and determination of the subject was done by random sampling consisting of 3 PJOK teachers and 72 students at SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. Data collection techniques using observation, interviews and questionnaires via google form. The information checking method uses triangulation, and the information analysis method uses 3 method concepts, namely information reduction, information presentation and drawing conclusions. From the results of the study indicate that in the use of E-Learning on PJOK subjects at the SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo there are problems that can be identified including the lack of support in facilities and infrastructure, lack of preparation in use of learning media, unprepared teachers and students in accepting changes in technology in learning, the lack of regular monitoring periodic to monitor the use of E-Learning in the Vocational High School (SMK) Sepuluh Nopember Sidoarjo. The results of this study indicate that the use of E-Learning in PJOK learning experiences has many problems. In order, the use of E-Learning in PJOK learning still needs to be addressed so that the use of E-Learning in all learning, especially PJOK learning in Vocational High School (SMK) Sepuluh Nopember Sidoarjo can be maximized and be better.

Keyword: e-learning, problems, physical education sport and health

Published
2021-07-29
Section
Articles