HUBUNGAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN PASSING SEPAKBOLA

  • Rizqi Ramadhani Bachtiar Universitas Negeri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Permasalahan pokok yang terdapat pada artikel ini adalah apakah ada hubungan hasil belajar psikomotor dengan kognitif siswa pada pembelajaran passing sepakbola di SMA Negeri 1 Sampang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa pada ranah psikomotor dan kognitif, serta mengetahui perbedaan kemampuan siswa laki-laki dan perempuan di setiap ranah penilaian, dan adanya keterkaitan pada kemampuan dua ranah tersebut. Pada mata pelajaran pendidikan jasmani mengajarkan bahwa terdapat sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas kebugaran dan pola hidup sehat. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dalam belajar selanjutnya di harapkan siswa mendapatkan hasil belajar yang tinggi agar mencapai keberhasilan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sampang. Sampel pada penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI IPA 7. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi. Data pada penelitian ini menggunakan nilai sekunder dari nilai keterampilan dan pengetahuan siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai signifikasi aspek psikomotor dan kognitif sebesar  0,000 < 0,05 dan nilai r hitung  0,807 dengan nilai sumbangan sebesar 64% artinya ada hubungan yang kuat antara hasil belajar psikomotor dengan hasil belajar kognitif  pada pembelajaran  passing  sepakbola siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 1 Sampang.

Kata Kunci: hasil belajar; psikomotor; kognitif; passing; sepakbola

 

Abstract

The main problems contained in this article are is there a relationship between the results of psychomotor and cognitive in the learning of football passing in senior high school 1 Sampang. The aim of this research is to find abilities of students on psychomotor and cognitive domains, and to find out the differences male and female students in each asessment, and the relationship to the ability of two realms. Phsycal education subject teach that there is something related to fitness activities and healty living patterns. The learning process carried out in further learning is expected to enable students to get high learning outcomes in order to achieve success.  This study uses quantitative research by using the correlational method. The population in this study are all students  class XI IPA 7 senior high school 1 Sampang.  the sample in this study are 33 students class XI IPA 7 Senior High School 1 Sampang. The data analysis of this study uses correlation technique. The data in this study uses a secondary value from the value of students’ skills and knowledge. The results of this study can be concluded that the significance value of psychomotor and cognitive aspects is 0.000 <0.05 and the value of r count 0.807 with a 64% donation value which means there is a  strong relationship between psychomotor learning outcomes and cognitive learning outcomes in learning Passing Football  class students  class XI IPA 7 Senior High School 1 Sampang.

Keywords: learning outcomes;  psychomotor; cognitivepassingfootball  

Published
2021-08-04
Section
Articles
Abstract Views: 379
PDF Downloads: 159