DAMPAK PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 1 KRIAN

  • Moch Hendra Sukmana Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Suroto Suroto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Dimasa pandemi covid-19 memaksa sekolah melakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran jarak jauh dengan bantuan layanan video tatap muka seperti aplikasi  zoom meeting dan sejenisnya. Banyak kendala yang didapatkan siswa selama proses pembelajaran daring berlangsung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dampak pembelajaran daring terhadap motivasi siswa. Jenis penelitian ini deskriptif dengan desain non-eksperimen serta menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Krian kelas IX sebanyak 256 dari 8 kelas, pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling didapatkan sebanyak 156 siswa (putra= 61 dan putri= 95). Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data berupa kuesioner online. Analisis data yang digunakan ialah non parametrik yaitu Mann Whitney U, dimana teknik ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar terhadap siswa laki-laki dan perempuan. Tingkat kemaknaan penelitian ini adalah p < 0,05 dan menggunakan Confidence Interval (CI) 95%. Semua data diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang didapatkan lebih besar dari nilai P Value yang artinya dampak pembelajaran daring terhadap motivasi siswa di tengah situasi pandemik virus COVID-19 tersebut tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara dua kelompok laki-laki dan perempuan. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan oleh peneliti, diketahui bahwa dampak penggunaan video pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa tidak menurun secara signifikan karena sedikit kendala yang dialami oleh para siswa untuk mengikuti pembelajaran daring.

 

Kata kunci: motivasi; pembelajaran; daring

Abstract

During the Covid-19 pandemic, schools to do online learning. Online learning is a distance learning process with help of face-to-face on video services such as zoom meeting applications and anything else. There are many obstacles for the students in during the learning process. The purpose of this research was to know how much motivation the students for attend the online learning. This type of research is descriptive with non-experimental design and quantitative approach. The populations is all the students of Junior High School 1 Krian grade IX as much as 256 from 8 classes, sampling using cluster random sampling obtained as many as 156 students (men 61 and women 95). The instrumen used to take the data with a online questionnaire. The data analysis used non-parametic analysis, that is Mann Whitney U, where this technique is to know whether or not there is an influence between variables. The significance level of this research was stated if p < 0,05 and using 95% Confidence Interval (CI). All data were processed using SPSS. The result of the research shows that the significance is greater than the value P Value  which means that the impact of the online learning in the middle of the COVID-19 pandemic there is no have difference between 2 groups of man and woman. Based on processing results has been done by researchers, it is know the impact of video learning to motivation learnng of the student not decrease significantly because a little of the obstacle experienced by students to attend the online daring.

 

Keywords:motivation; learning; online learning

Published
2021-08-06
Section
Articles
Abstract Views: 143
PDF Downloads: 69