PENERAPAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM SEPAKBOLA

  • Alfian Marly Aziz Isnanda Universitas Negeri Surabaya
  • Sapto Wibowo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penerapan model pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan keadaan peserta didik serta lingkungan sekolah adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode small sided games terhadap hasil belajar passing kaki bagian dalam sepakbola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review, teknik ini bertujuan mengungkapkan berbagai teori yang relevan dengan permasalahan yang sedang dipelajari sebagai bahan acuan pembahasan hasil penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan desain penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Dari hasil kajian ilmiah yang dilakukan dari penelitian sebelumnya, populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 4 Sidoarjo dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X IPS 2 yang berjumlah 35 peserta didik. Data diperoleh dengan melakukan pretest, perlakuan dan posttest yang dilakukan 4 kali pertemuan. Dari hasil analisa data menggunakan SPSS dapat diketahui hasil perhitungan uji normalitas. Diperoleh bahwa nilai p value pretest dan posttest lebih dari α, dengan kata lain (sig>α), maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut normal. Sedangkan hasil paired sample T test, terdapat nilai yang lebih kecil dari sig, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode small sided games berpengaruh terhadap hasil belajar passing sepakbola.

Kata Kunci: small sided games; hasil belajar; passing; sepakbola

Abstract

The applicationaof learning models that are suitable with condition of students and the school environment is one of the factors that can affect learning outcomes. This research is aimed to analyze the effect of applying the small-sided games method to the learning outcomes of inner foot passing in football. The method used in this research was a literature review, this technique aimed to reveal various theories that were relevant to the problem being studied as a reference for discussing research results. This research used quantitative research and experimental research design with one group pretest-posttest design. Based on the result of previous research, the research population were all students of class X SMAN 4 Sidoarjo and the researchasample was class X IPS 2 which has 35 students. The data were obtained by pretest, treatment, and posttest which were held for 4 meetings. Based on the results of data analysis by SPSS, for results of the calculation of the normality test explained that the p-value of the pretest was and the posttest was is more than α, in other words (sig> α), so it was concluded that the data was normal. While the results of the paired sample T-test, there was a smaller value of sig, it was concluded that the application of the method of small-sided games was affects the learning outcomesaof football passing.

Keywords: small sided games; results of learning; passing; football

Published
2021-08-09
Section
Articles
Abstract View: 110
PDF Download: 115