ANALISIS VARIASI GERAK MULTILATERAL DALAM PEMBELAJARAN PJOK TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI

  • Alvita Aprianti Budiono Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Variasi gerak multilateral merupakan aktivitas satu tugas gerak yang di lakukan dengan berbagai cara dan seluas-luasnya dengan tujuan memperkaya gerakan yang dilakukan. Hal tersebut tentunya akan semakin memberikan kemudahan seseorang dalam melakukan aktivitas gerak. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui penerapan variasi gerak multilateral dalam pembelajaran passing bawah bolavoli. Penelitian ini merupakan study literature dengan metode literature review yaitu merujuk pada metodologi penelitian atau riset dan pengembangan yang telah dilakukan untuk mengumpulkan berbagai referensi dan penelitian yang relevan dengan topik permasalahan yang diteliti, pengumpulan referensi data menggunakan website dari jurnal Research-gate, Springer, Google Schoolar. Selanjutnya akan diperoleh PICO (population, intervention, comparation dan outcome). Dari hasil pencarian didapatkan 14 artikel yang  dan diterbitkan dalam tahun 2010 sampai tahun 2020, dengan kriteria 9 jurnal internasional, 4 jurnal nasional tidak terakreditasi dan 1 jurnal nasional yang terakreditasi sinta. Proses review jurnal membaca jurnal-jurnal yang terkait dan mengevaluasi selanjutnya membuat ringkasan dan menggabungkan hasil penemuan, Berdasarkan hasil proses analisis review ditemukan bahwa variasi gerak multilateral berpengaruh terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli. Dapat disimpulkan bahwa penerapan variasi gerak multilateral dalam pembelajaran passing bawah bolavoli peserta didik mendapatkan pengalaman pembelajaran variasi gerak baru, dan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

Kata Kunci: variasi; gerak multilateral; hasil belajar passing bawah  

Abstract

Multilateral movement variation is the activity of one movement task that is carried out in various ways and as widely as possible with the purpose of enriching the movement performed. This will certainly make it easier for someone to carry out movement activities. The purpose of this paper is to determine the application of multilateral movement variations in volleyball underhand pass learning. This research is a study literature using the literature review method, which refers to research or research and development methodologies that have been carried out to collect various references and research relevant to the topic of the problem to be studied, data reference collection using websites from the journal Researchgate, Springer, Google Scholar. Furthermore the PICO (population, intervention, comparison and outcome) will be obtained. From the results of the source search in the database, 14 articles were published from 2010 to 2020, with the criteria of 9 international journals, 4 unaccredited national journals and 1 sinta accredited national journal. The journal review process reads related journals and evaluates then summarize and combines the findings. Based on the results of the review analysis process, it was found that multilateral motion variations affect the volleyball underhand pass learning outcomes. It can be concluded that the application of multilateral movement variations in volleyball underhand pass learning, students gain experience in learning new variations of motion, and are more active in participating in the learning process.

Keywords: variations; multilateral movement; learning outcomes underhand pass

 

Published
2021-08-10
Section
Articles
Abstract View: 77
PDF Download: 65