EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PJOK MELALUI DARING

  • Moh. Ikhwan Nur Rizki Universitas Negeri Surabaya
  • Hari Wisnu Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan sistem dari tatap muka menjadi daring akibat munculnya virus COVID-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) melalui daring yang dilaksanakan di SMPN 1 Tulangan Sidoarjo tahun ajaran 2020/2021 selama pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan jenis pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan mengubah instrumen angket pembelajaran daring yang sudah diuji reliabilitas dan validalitasnya dengan nilai reliabilitas 0,916 dan nilai validalitas 0,634-0,848. Angket dalam penelitian ini adalah google form yang kemudian disebar melalui sosial media (online). Populasi dari penelitian ini sebanyak 100 siswa dengan hasil sampel yang berjumlah 80 siswa dari kelas VIII sebanyak 4 kelas, pembelajaran PJOK melalui daring ini dinilai efektif. Hampir rata-rata siswa semua menjawab efektif dalam setiap aspek yang ada dalam instrument penelitian. Walaupun masih ada kendala metode pembelajaran yang diberikan guru kepada siswa dalam suasana pembelajaran. Peran pendidik sangat penting dalam menentukan kesuksesan siswa, salah satunya dengan adanya upaya dari tenaga pendidik untuk membuat suasana pembelajaran yang begitu menarik dikarenakan pembelajaran kali ini bersifat daring. Kesimpulan pada penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran PJOK melalui daring di SMPN 1 Tulangan Sidoarjo dapat dikatakan dalam kategori efektif.

Kata Kunci: covid-19; pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan; daring

Abstract

Education in Indonesia has undergone a system change from face-to-face to online due to the emergence of the COVID-19 virus. The purpose of this study was to determine the effectiveness of online Sports and Health Physical Education (PJOK) learning which was carried out at SMPN 1 Tulangan Sidoarjo for the 2020/2021 academic year during the COVID-19 pandemic. This research is a descriptive research and the type of research approach uses quantitative. This study uses a random sampling technique by changing the online learning questionnaire instrument that has been tested for reliability and validity with a reliability value of 0.916 and a validity value of 0.634-0.848. The questionnaire in this research is a google form which was then distributed via social media (online). The population of this study was 100 students with a sample of 80 students from class VIII as many as 4 classes, learning PJOK through online was considered effective. Almost on average all students answered effectively in every aspect of the research instrument. Although there are still obstacles in the learning methods provided by the teacher to students in a learning atmosphere. The role of educators is very important in determining student success, one of which is the efforts of educators to create a learning atmosphere that is so interesting because learning this time is online. The conclusion in this study is that the effectiveness of learning PJOK through online at SMPN 1 Tulangan Sidoarjo is said to be in the effective category.

Keywords: covid-19; physical education sport and health; online

 

Published
2021-08-12
Section
Articles
Abstract View: 150
PDF Download: 99