PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK

  • Emi Novita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak  

Pembelajaran disebut berhasil ketika interaksi antara guru dengan siswa dapat berjalan dengan baik serta sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Melalui model pembelajaran discovery learning yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, siswa dituntut dapat memahami materi secara mendalam, lebih aktif, mandiri serta dapat berpikir kritis dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan metode literatur review, data yang diperoleh berupa data sekunder yang didapatkan dari penelitian-penelitian terdahulu yang sudah melakukan survei. Cara mendapatakan jurnal yang akan direview dengan menggunakan 2 kata kunci yaitu model discovery learning serta lompat jauh gaya jongkok. Jumlah jurnal yang review sebanyak 5 jurnal internasional, 4 jurnal Science and Technology Index (SINTA) dan 6 jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini yaitu model discovery learning dapat menuntut siswa berpikir kritis, membuat siswa menjadi aktif untuk memecahkan masalah secara mandiri, dengan tahapan-tahapan mengamati, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data dari berbagai sumber, memverifikasi data dengan teman kelompok, dan menarik kesimpulan. Dalam melakukan lompat jauh gaya jongkok perlu memperhatikan tahapan-tahapan seperti awalan, tolakan, melayang di udara, dan pendaratan, supaya gerakan yang dilakukan dapat sempurna. Kesimpulan: (1) Dapat meningkatkan keaktifan proses belajar siswa. (2) Efisiensi belajar siswa. (3) Kemampuan berpikir analisis. (4) Model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok.

Kata Kunci: model discovery learning; lompat jauh; gaya jongkok

Abstract

Learning is considered successful when the interaction between teachers and students runs smoothly and in accordanceewith theelearning implementationnplan. Studentssare expecteddto be able toounderstanddthe material in depth, to be more active, independent, and to think critically when solving a problem utilizing discovery learning models that are based on their needs. Theepurposeeof this studyyis to determineethe effecttof the discoveryylearning modellon the learning outcomessof the squat style long jump using the literature review method, with data obtained in the form of secondary data obtained from previous studies that conducted surveys. How to get a journal to be reviewed by using 2 keywords, namely the the discovery learning model and the long jump squat style. The number of journals reviewed is 5 international journals, 4 Science and Technology Index (SINTA) journals and 6 national journals. Accordinggto theeresults of thissstudy, discovery-learning models can require students to think critically, make students active in solving problems independently, with stages such as observing, identifying problems, collecting data from various sources, verifying data with group friends, and drawing conclusions. It is necessary to pay attention to the stages of the squat style long jump, such as prefix, repulsion, hovering in the air, and landing, in order for the movements performed to be perfect. The conclusions are as follows: (1) it has the potential to increase the activeness of the student learning process; (2) the efficiency of student learning; (3) analytical thinking ability; (4) the discovery learning model can improve the long jump learning outcomes of the squat style. *sesuaikan dengan abstrak bahasa Ind

Keywords: discovery learning model; long jump; squat style

Published
2021-08-19
Section
Articles
Abstract Views: 205
PDF Downloads: 223