SURVEI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PJOK SMP NEGERI DI KABUPATEN PAMEKASAN

  • Ika Rodatul Jannah Universitas Negeri Surabaya
  • Suroto Suroto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan keterampilan mengajar guru PJOK SMP Negeri di Kabupaten Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dimana menggunakan instrumen sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini yaitu 66 guru PJOK yang berasal dari 34 SMP Negeri di Kabupaten Pamekasan dengan jumlah sampel yang terpilih sebanyak 43 guru yang berasal dari 15 SMP Negeri berdomisili di kota dan merupakan tim dari MGMP PJOK SMP Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2020-2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen penilaian keterampilan mengajar guru PJOK hasil adopsi yang terdiri dari 37 pernyataan yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas dilakukan secara content validity oleh para ahli dan hasil reliabilitasnya dinyatakan reliable dengan nilai sebesar 0,945. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan instrumen penilaian keterampilan mengajar guru PJOK melalui google form dan bimbingan secara langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata implementasi keterampilan mengajar guru PJOK SMP Negeri di Kabupaten Pamekasan mencapai 32,08% sehingga masuk dalam kategori Kurang Baik. Kesimpulan penelitian ini adalah dari 8 komponen keterampilan mengajar, mayoritas guru selalu menerapkan keterampilan mengajar yang pertama yaitu menyiapkan pembelajaran, sedangkan komponen keterampilan mengajar yang paling jarang diterapkan yaitu keterampilan mengelola waktu dan arena pembelajaran dan keterampilan memberikan umpan balik kepada peserta didik.

Kata Kunci: keterampilan mengajar; guru PJOK SMP; kabupaten pamekasan

Abstract

The aimed of this study was to found out the application of teaching of physical education, sport, and health (PJOK) teachers of Junior High School in Pamekasan regency. This researched used descriptive quantitative method where the instruments as a data collecting tool. The populations of this study were 66 PJOK teachers who came from 34 Junior High School in Pamekasan regency with 43 teachers as selected sample that came from 15 Junior High School domiciled in cities and they were a team from the MGMP PJOK SMP Pamekasan Regency in the 2020-2021 period. The data collecting technique of this researched used purposive sampling. The instrument that used in this study was an instrument of adopted assessment teaching skill PJOK’s teacher consisted of 37 statements that have been tested of for its validity and reliability. Validity tested was done by content validity by experts and the reliability result declared as much as 0,945 reliability’s value. The data collection technique in this study was done by distributed the instruments of teaching skills assessment in PJOK by Google form and did direct guidance too.  The result shown that the implementation average of teaching skill by PJOK teachers in Junior High School in Pamekasan was 32,08%, so that was categories as not good enough or poorly categories in PJOK teaching skill. The conclusion of this researched  was from 8 teaching skill components, the most teachers in Junior High School have always implemented the teaching skill. The first thing was preparing the school learning, whereas the most rarely skills component that used by teachers were time management skills and learning arena, and the skill of it gave a feed back to the students.

Keywords: teaching skills; junior high school physical education teacher; pamekasan regency

 

Published
2021-11-15
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 69