EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI DARING E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PJOK (STUDI PADA SISWA MTS NEGERI 1 SUMENEP MADURA)

  • Alif Ayatullah Universitas Negeri Surabaya
  • Fifukha Dwi Khory Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pada masa pandemi Covid-19 pembelajaran PJOK dilakukan secara daring, begitu pula di sekolah-sekolah madrasah. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam belajar salah satunya yaitu motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi aplikasi belajar E-Learning terhadap motivasi belajar PJOK selama masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dengan kuesioner berbentuk skala likert. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 8 MTs Negeri 1 Sumenep yang berjumlah 266 orang siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 103 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.  Kuesioner motivasi belajar yang digunakan telah diuji validasi dan reliabilitas dengan nilai r hitung > r tabel (0,361) pada semua item pernyataan dan nilai Cronbach’s alpha yaitu 0,934 > 0,60 yang dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor intrinsik dan ekstrinsik motivasi belajar pada siswa sebagian besar berada pada kategori sedang, yaitu sebanyak 46,60% dan 33,01%. Selain itu, juga diketahui bahwa secara keseluruhan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK secara daring melalui E-learning berada pada kategori sedang yaitu 41,75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa sebagian besar motivasi belajar siswa pada pembelajaran PJOK secara daring melalui aplikasi E-learning dinyatakan sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa MTs Negeri 1 Sumenep dalam pembelajaran PJOK secara daring cukup baik.

Kata Kunci: pandemi covid-19; aplikasi e-learning; motivasi belajar PJOK

Abstract

During Covid-19 pandemic, sports physical education and health (PJOK) subjects were conducted online, including in madrasa schools. These conditions can affect various aspects of learning, such as motivation. This purpose of this research was to determine the contribution of E-Learning applications to PJOK learning motivation during the pandemic. This research was a quantitative study using a survey method with a Likert Scale questionnaire. The research population was all 8th grade students of MTs Negeri 1 Sumenep of 266 students. The research sample was 103 students with the sampling technique using cluster random sampling. The learning motivation questionnaire used had been tested for validation and reliability with an r count > r table (0.361) on all statement items and Cronbach's alpha value was 0.934 > 0.60 which was analyzed by descriptive statistics. The results of this research showed that the intrinsic and extrinsic factors of students learning motivation were mostly in the moderate category of 46.60% and 33.01%. In addition, it was also known that overall student learning motivation in online PJOK learning through E-learning was in the moderate category of 41.75%. Based on these results, it can be interpreted that most of the students learning motivation in PJOK subject through the E-learning application was stated to be moderate. Therefore, it can be concluded that the learning motivation of students at MTs Negeri 1 Sumenep in learning PJOK via online were moderate.

Keywords: pandemic covid-19; e-learning application; learning motivation of physical education

 

Published
2021-11-23
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 61