ANALISIS KEJENUHAN BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA ANGKATAN 2018 SELAMA PEMBELAJARAN DARING

  • Ega Masitha Surya Adhani Universitas Negeri Surabaya
  • Nanang Indriarsa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Corona Virus Disease (Covid-19) membawa dampak besar bagi tatanan kehidupan masyarakat dimana mengharuskan masyarakat melakukan hampir semua kegiatan dari rumah dan tidak terkecuali kegiatan belajar mengajar, hal inilah yang dapat memicu munculnya rasa jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tingkat kejenuhan belajar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19. Penelitianenggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 125 mahasiswa Pendidikan Olahraga tahun angkatan 2018, dan teknik pengambilan data menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan membagikan angket yang dibuat menggunakan google form dan dibagikan melalui whatsapp. Data kejenuhan mahasiswa diperoleh dengan menerapkan instrumen kuesioner MBI-GS yang telah dimodifikasi. Dengan 15 item pernyataan yang mewakili tigaimensi kejenuhan belajar mahasiswa yaitu Emotional Exhaustion, Cynicism dan Professional Efficacy. Hasil dari analisis data menentukan tingkat kejenuhan belajar mahasiswa pada masing-masing aspek EX berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 51,3%, pada aspek CY kejenuhan mahasiswa berada pada kategori rendah dengan presentase sebesar 35%, dan pada EF/ rEF kejenuhan belajar mahasiswa berada pada kategori rendah dengan presentase sebesar 36,7%. Hasil tanggapan terhadap academic burnout berada pada kategori rendah dengan presentase sebesar 41,2%. Dapat disimpulkan bahwa kondisi mahasiswa Pendidikan Olahraga angkatan 2018 selama daring mengalami kejenuhan pada kategori rendah.

Kata Kunci: mahasiswa; kejenuhan belajar; pembelajaran daring

Abstract

Corona Virus Disease (Covid-19) has a major impact on the order of community life which requires people to do almost all activities from home and including teaching and learning activities, this can trigger boredom. This study aims to determine the condition of saturation level from student learning by participating in online learning during the covid-19 pandemic. This research was used quantitative descriptive approach, with a total sample of 125 students in the class of 2018 Sports Education, and data collection used a cluster random sampling technique. Data collection techniques was used by distributing questionnaires which was done in google form and shared via whatsapp. Data on student saturation was obtained by applying the modified MBI-GS questionnaire instrument. With 15 statement items that represent three dimensions of student learning saturation, Emotional Exhaustion, Cynicism and Professional Efficacy. The results of the data analysis was determined the level of student learning saturation in each of the EX aspects in the medium category with a percentage of 51.3%, in the CY aspect the student saturation is in the low category with a percentage of 35%, and in the EF/rEF student learning saturation is in the low category with a percentage of 36.7%. The results of the response to academic burnout are in the low category with a percentage of 41.2%. It can be concluded that the condition of the 2018 class of Sports Education students online experienced low category saturation.

Keywords: students; saturation of learning; online learning

 

Published
2021-11-25
Section
Articles
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 106