PROSES PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI 2 SIDOARJO

  • Moh. Dwi Khoirudin Zein Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Dalam masa pandemi ini, semua jenjang dan seluruh guru harus menerapkan pembelajaran daring, termasuk guru olahraga. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk memberikan gambaran proses belajar secara daring di SMPN 2 Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian deskriptif kualitatif. analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyusunan data dan verifikasi data, kemudian untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan melalui perencanaan, penyusunan materi, dan pelaksanaan berupa membagikan materi dan tugas yang telah disusun. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu dengan ceramah melalui video, foto dan audio rekam suara. Hasil belajar siswa di SMPN 2 Sidoarjo juga terjadi penurunan, yaitu mengalami penurunan dalam hal kompetensi pengetahuan mata pelajaran PJOK. Faktor penghambatnya yakni sulitnya jaringan web maupun sinyal untuk dijangkau oleh siswa sebab letak tempat tinggal siswa berada di desa, sehingga tidak semua daerah mudah menjangkau sinyal internet. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, penyusunan materi, dan pelaksanaan. Dengan metode yang bervariasi seperti, video, foto dan audio rekam suara. Serta hasil belajar siswa juga mengalami penurunan yang disebabkan keterbatasan dalam mengakses materi yang diberikan.

Kata kunci: proses; pembelajaran; daring

Abstract

During this pandemic, all levels and all teachers must implement online learning, including sports teachers. This research aims to provide an overview of the online learning process at SMPN 2 Sidoarjo. The method used in this research is descriptive qualitative research. The research subjects used in this study were two PJOK teachers at SMPN 2 Sidoarjo. Data collection techniques in this study used interviews, observation, and documentation. The data analysis techniques used were data reduction, data compilation and data verification. Then for the validity of the data used data triangulation techniques. The results of this study indicate that the implementation of online learning carried out by planning, compiling materials, and implementing them in the form of distributing materials and tasks that have been prepared. The learning method used by the teacher is by lecturing through videos, photos, and audio recordings. Student learning outcomes at SMPN 2 Sidoarjo also decreased, namely decreased in terms of competency in PJOK subject knowledge. The inhibiting factor is the difficulty of the web and signal networks to be reached by students because the location of the student's residence is in the village, so that not all areas are easy to reach internet signals. Based on the results of the study, it can be concluded that the implementation of online learning is carried out through several stages, namely planning, preparation of materials, and implementation. With various methods such as, video, photo and audio record sound. And student learning outcomes also decreased due to limitations in accessing the material provided.

 Keywords: process; online; learning

 

Published
2021-11-26
Section
Articles
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 80