DAMPAK PANDEMI COVID-19 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK

  • M. Taufan Muzakki Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Rachman Syam Tuasikal Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) melalui daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Sidoarjo dengan sampel yang diambil adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Sidoarjo yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 143 siswa menggunakan purposive sampling dengan mengambil keseluruhan siswa kelas XI IPS. Data diperoleh dari data nilai rapor sebelum dan saat pandemi Covid-19 sebagai data sekunder dan wawancara kepada siswa sebagai data primer. Hasil rata-rata nilai dari setiap semester menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum pandemi lebih baik dari pada hasil belajar saat masa pandemi. Hasil belajar sebelum pandemi dimulai semester ganjil kelas X dengan nilai rata-rata pengetahuan 83,75 dan nilai rata-rata keterampilan 84.08, semester genap kelas X dengan nilai rata-rata pengetahuan 85,64 dan nilai rata-rata keterampilan 85,84. Hasil belajar saat pandemi dimulai semester ganjil kelas XI nilai rata-rata pengetahuannya 88,13 dan nilai rata-rata keterampilannya  89,99. Semester genap kelas XI dengan niai rata-rata pengetahuan  87,37 dan nilai rata-rata keterampilannya adalah 89,59. Hasil wawancara kepada 12 siswa yang diambil 3 orang setiap kelasnya didapat bahwa motivasi dan minat belajar siswa menurun ketika pembelajaran PJOK secara daring, hal itu yang menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dampak pandemi Covid-19 menyebabkan hasil belajar siswa mengalami penurunan yang disebabkan oleh turunnya motivasi dan minat belajar siswa saat pembelajaran PJOK secara daring.

Kata Kunci: pandemi; covid-19; hasil belajar PJOK

Abstract

The purpose of this study was to determine the impact of the Covid-19 pandemic on learning outcomes for Physical Education, Sports, and Health (PJOK) online. This type of research is descriptive quantitative research. The method used was the surveyed method and data analysis used descriptive analysis. The population in this study were students of SMA Negeri 4 Sidoarjo with the samples taken were students of class XI IPS SMA Negeri 4 Sidoarjo which consisted of four classes with a total of 143 students using purposive sampling by taking all students of class XI IPS. Data was obtained from report cards before and during the Covid-19 pandemic as secondary data and interviews with students as primary data. The average score for each semester shows that learned outcomes before the pandemic were better than learned outcomes during the pandemic. Learning outcomes before the pandemic began in the odd semester of class X with an average value of knowledge of 83.75 and an average value of skills of 84.08, even semester of class X with an average value of knowledge of 85.64 and an average value of skills of 85.84. Learning outcomes when the pandemic began in the odd semester of class XI, the average value of knowledge was 88.13 and the average value of skills was 89.99. The even semester of class XI with an average value of knowledge is 87.37 and the average value of skills is 89.59. The results of interviews with 12 students taken by 3 people per class showed that students' motivation and interest in learning decreased when learning PJOK online, which caused a decrease in student learning outcomes. The conclusion of this studied was that the impact of the covid-19 pandemic caused student learned outcomes to decrease due to a decrease in students' motivation and interest in learned when learned PJOK online.

Keywords: pandemic; covid-19; physical education sport & health learning outcomes

Published
2021-11-26
Section
Articles
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 135