PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PJOK SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

  • Nur Lely Kasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Sapto Wibowo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa saat sebelum pandemi (offline) dan saat pandemi (online) di SMA Negeri 1 Mojo. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI dengan total populasi 345 siswa dan menggunakan metode sampling cluster random sampling, lalu sebanyak 182 siswa ditentukan sebagai sampel ideal dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil belajar atau rapor siswa sebagai instrumen penelitian dan nilai rapor sebagai data yang akan diolah. Proses analisis data menggunakan teknik Uji T sampel sejenis dengan cara membandingkan nilai rapor siswa pada semester ganjil yang melakukan pembelajaran secara langsung dan semester genap yang melakukan pembelajaran secara jarak jauh. Hasil analisis data menunjukkan adanya penurunan yang signifikan pada hasil belajar semester ganjil dan semester genap, baik pada hasil belajar pengetahuan maupun keterampilan. Keduanya menunjukkan perbedaan yang dibuktikan dengan signifikasi 0,000 dan nilai T sebesar 3,779 pada hasil belajar pengetahuan, lalu pada hasil belajar keterampilan juga menunjukkan perbedaan dengan signifikasi 0,027 dengan nilai T sebesar 2,225. Dari hasil analisis data diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya penurunan yang signifikan dari hasil belajar saat sebelum pandemi yan melakukan pembeajaran secara langsung dan saat pandemi covid-19 yang melakukan pembelajaran jarak jauh.

Kata Kunci: hasil belajar; pandemi covid-19; metode pembelajaran

Abstract

This study compares student learning outcomes before the pandemic (offline) and during the pandemic (online) at SMA Negeri 1 Mojo. This research is a type of descriptive research using a quantitative approach. The sample used students of class XI with a total population are 345 students and using the cluster random sampling method, then 182 students were determined as the ideal sample using the slovin formula. The data collection techniques used student learning outcomes or report cards as research instruments and report cards as data to be processed. The data analysis process used a similar sample T-test technique by comparing the score of student report book with direct learning in the odd semester and with long distance learning in even semester. The results of data analysis showed a significant decrease in learning outcomes in odd semester and even semesters, both in knowledge and skills learning outcomes. They showed a difference as evidenced by a significance of 0.000 and a T value of 3,77 for knowledge learning outcomes, then in the results of skills learning also showed a difference with a 0.027 significant with a value of 2.225. From the results of the analysis of the data above can be concluded that there is a significant decrease in learning outcomes before the pandemic that conducts direct learning and during the covid-19 pandemic that conducts distance learning.

Keywords: learning outcomes; covid-19 pandemic; learning methods

 

Published
2021-12-02
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 49