QUALITY OF LIFE SISWA SMK SEMEN GRESIK DI ERA PANDEMI

  • Rana Farida Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Sri Wahjuni Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan pada aspek kehidupan, salah satu diantaranya yaitu kebijakan pembelajaran yang dilakukan secara daring atau belajar dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hidup siswa-siswi di era pandemi Covid-19. Instrumen penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode survei, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Semen Gresik dan sampel yang digunakan berjumlah 113 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengisi kuesioner. Instrumen yang digunakan yaitu WHOQOL-BREF. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan persentase. Hasil menunjukkan bahwa kualitas hidup siswa pada dimensi fisik memiliki nilai sedang (69,9%), dimensi psikologi memiliki nilai baik (46,9%), dimensi sosial memiliki nilai sedang (50,4%), dimensi lingkungan memiliki kategori baik (55,8%). Data kualitas hidup siswa keseluruhan memiliki kategori buruk sebanyak 1 responden (0,9%), kategori sedang sebanyak 49 responden (43,4%), kategori baik sebanyak 62 responden (54,9%), kategori sangat baik sebanyak 1 responden (0,9%). Deskripsi hasil akhir keseluruhan data kualitas hidup nilai minimum sebesar 39,25 dan nilai maximum 86,00 serta mean 61,21 dengan standar deviasi 9,30. Simpulan dalam penelitian ini yaitu kualitas hidup siswa SMK Semen Gresik berada di kategori baik.

Kata kunci: pandemi covid-19; kualitas hidup; pendidikan

Abstract

The condition of the Covid-19 pandemic has caused changes in aspects of life, one of which was learning policies that were carried out online or study from home. This study aims to determine the quality of life of students in the era of the Covid-19 pandemic. This research instrument used quantitative data collection through questionnaires. This research used descriptive research with survey method. The population in this study was all students of class X Vocation High School of Semen Gresik. The author used a sample of 113 students. The sampling technique used was cluster random sampling technique. Data collection techniques by filling out a questionnaire. The instrument used is WHOQOL-BREF. The data analysis technique in this research uses percentages. The results showed that the quality of life of students in the physical dimension had a moderate value (69.9%), the psychological dimension had a good value (46.9%), the social dimension had a moderate value (50.4%), the environmental dimension had a good category (55 ,8%). The overall student quality of life data had a poor category of 1 respondent (0.9%), moderate category of 49 respondents (43.4%), good category of 62 respondents (54.9%), very good category of 1 respondent (0 ,9%). The description of the final results of the overall quality of life data with a minimum value of 39.25 and a maximum value of 86.00 and a mean of 61.21 with a standard deviation of 9.30. The conclusion in this study is that the quality of life of the students of Vocation High School of Semen Gresik is in the good category.

 

Keywords: pandemic covid-19; quality of  life; education



Published
2021-12-06
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 61