PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI

  • Rizky Aji Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Cahyo Kartiko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Dengan adanya kegiatan pembelajaran secara jarak jauh pada masa pandemi, e-learning digunakan untuk memberikan pembelajaran kepada siswa secara jarak jauh. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan e-learning serta motivasi siswa terhadap prestasi belajar siswa selama masa pandemi di SMP Negeri 1 Ngronggot. Dengan jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi berasal dari seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 288 siswa dengan teknik penentuan sampel menggunakan simple random sampling, total sampel yang digunakan adalah 75 siswa dengan penetuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Pengambilan data penelitian menggunakan instrumen berupa nilai rapor kelas 7 serta angket yang terdiri dari 34 item dengan 9 indikator, angket ini dibagikan kepada siswa berupa google forms melalui grup whatsapp siswa atau kelas. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan metode korelasional. Dengan hasil penelitian  menunjukan adanya pengaruh dari e-learning dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 17,6% masuk dalam kategori sedang dengan 82,4% dipengaruhi oleh indikator dari luar, hasil tersebut didukung dengan besar nilai signifikansi yaitu 0,001<0,05. Dengan pengaruh  e-learning terhadap prestasi belajar sebesar 17,3% dikategori sedang dan pengaruh motivasi terhadap prestasi sebesar 7,8% dengan kategori rendah. Kesimpulan dengan adanya e-learning sebagai fasilitas belajar di SMP Negeri 1 Ngronggot untuk memotivasi siswa, memberikan pengaruh terhadap hasil prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Ngronggot selama pembelajaran jarak jauh.

Kata Kunci: pembelajaran; e-learning; motivasi 

Abstract

The existence of distance learning activities during the pandemic, e-learning is used to provide learning to students remotely. Therefore, this study was conducted to determine how the influence of the use of e-learning and student motivation on student achievement during the pandemic at SMP Negeri 1 Ngronggot. The type of research used descriptive quantitative. The population comes from all of students on 7th grade, which the total is 288 students that used simple random sampling, the total sample used 75 students with the determination of the number of samples using the slovin formula. Retrieval of research data used instruments of grade 7 report cards and a questionnaire consisting of 34 items with 9 indicators, this questionnaire was distributed to students in the form of google forms through the student’s whatsapp group or class. The analysis used descriptive statistical analysis and correlational method. The results of the study showed that there was an influenced of e-learning and motivation on student achievement of 17.6% in the medium category with 8.4% influenced by external indicators, these result are supported by a significant value of 0.001<0.05. With the effect of e-learning on learning achievement of 17.3% in the medium category and the influence of motivation on achievement of 7.8% in the low category. The conclusion is the existence of e-learning as a learning facility at SMP Negeri 1 Ngronggot to motivated students, has an influenced on student achievement outcomes at SMP Negeri 1 Ngronggot during distance learning.

Keywords: learning; e-learning; motivation

 

Published
2021-12-15
Section
Articles
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 87