PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN

  • Enggar Sustiadi Pradana Universitas Negeri Surabaya
  • Sasminta Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pada saat melaksanakan PLP banyak siswa ketika melakukan pembelajaran siswa kurang aktif dan keterbatasan gerak, setelah mencoba menerapkan dengan menggunakan permainan kecil kemudian peserta didik lebih aktif dalam melakukan aktifitas gerak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan kecil terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review. Siswa SMK kelas X dengan rata-rata usia 15-16 tahun yang digunakan pada sampel kali ini. Pengumpulan data yang dilakukan berupa data sekunder melalui studi pustaka yang dicari dengan jurnal sinta yang diakui akreditasinya dan beberapa proses editing, organizing dan finding. Penelitian ini melalui proses pada kesamaan judul yang telah diteliti oleh peneliti sebelumnya. Analisis data 10 jurnal Nasional dan 5 Internasional yang diakui akreditasinya oleh Universitas yang didapatkan pada google schoolar, maka hasil yang diperoleh bahwa permainan kecil lebih efektif diberikan ketika pembelajaran untuk siswa lebih aktif dalam melakukan tugas gerak. Berdasarkan hasil penelitian sebagai data sekunder penulis permainan kecil jika diberikan pada saat pembelajaran  siswa akan lebih akif, dikarenakan PJOK merupakan pelajaran yang disukai sebagaian dari anak-anak didik di sekolahan. Permainan dapat dipelajari secara serius sebagai cara yang paling penting dan menarik untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan sosial. PJOK bukan hanya mengembangkan keterampilan olahraga bagi siswa, tetapi berguna untuk kepribadian siswa, kejujuran dan kedisiplinan. Kesimpulan pada penelitian ini menujukkan bahwa ada pengaruh permainan kecil terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK.

Kata Kunci: permainan kecil; partisipasi; aktif siswa

Abstract

At the time of carrying out PLP many students when doing learning students were less active and hed limited movement, after trying to apply it using small game then student were more active in carrying out mevement activities. The purpose of this study was to determine how much influence small game have on student active participation in PJOK learning. The method used in this study is a literatur review. Class X SMK students with an avarage age 15-16 years were used in this sample. Data collection is done in the form of secondart data throught libary research whitch is seached with sinta journal that are recognizes for their accreditation and several editing, organizing, dand finding processes. This research goes throught a process on the similarity of titles that have been studied by previous researchers. Analysis of data from 10 Nasional and 5 International journals whose accreditation is recognized by the university obtained from google schoolar, then the results obtained that small games are more effectively given when learning for students is more active in carrying out mavement tasks. Based on the results of the study as secondary data, the author of small games if given at the time of learning students will be more active, because PJOK is a lesson that is liked by most of the students in school. Games can be seriously studied as the most important and interesting way to improve physical, mental and social health. PJOK not only develops sports skill for students, but is useful for students personality, honesty, and dicipline. The conclusion of this study shows that there is an effect of small games on students active patticipation in PJOK learning.

Keywords: small game; participation; student active

 

Published
2021-12-15
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 0