PERBANDINGAN MINAT PEMBELAJARAN PJOK PADA JURUSAN AKUNTANSI DAN MULTIMEDIA DI SMKN 2 BUDURAN

  • Muchammad Fajar Edena Universitas Negeri Surabaya
  • Anung Priambodo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Minat merupakan rasa ketertarikan dan suka terhadap aktivitas atau suatu hal, tanpa adanya keterpaksaan dan salah satu faktor penting untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran PJOK. Tujuan dari penelitian ini untuk mencari perbedaan minat pembelajaran PJOK di SMKN 2 Buduran pada jurusan Akuntansi dan Multimedia di era pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan jenis non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Buduran dan menggunakan sampel kelas XI Akuntansi dan XI Multimedia berjumlah 70 siswa yang didapatkan melalui cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner minat pembelajaran PJOK yang sudah diuji validitas dengan hasil R hitung > R tabel (0,349) dan reliabilitas dengan hasil koefisien AlphaCronbach’s sebesar 0,876. Teknik Analisa data menggunakan tabulasi persentase. Berdasarkan hasil yang dilakukan oleh peneliti didapatkan tidak ada perbedaan minat terhadap pembelajaran PJOK yang signifikan dibuktikan dengan hasil persentase perbandingan minat PJOK pada jurusan akuntansi dengan jumlah skor angket 2081 (74%), dan pada jurusan multimedia dengan jumlah skor angket 2113 (75%). Hasil tersebut dikuatkan dengan peneliti melakukan uji independent sampel T test 0,581 > 0, 05 artinya bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan hasil minat pembelajaran PJOK pada jurusan akuntansi dan jurusan multimedia. Menurut hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan minat PJOK antara jurusan akuntansi dan multimedia.

Kata Kunci: minat; pembelajaran PJOK; laki-laki; perempuan

Abstract

Interest is a sense of interest and liking for an activity or thing, without any coercion and one of the important factors to support the learning process of PJOK. The purpose of this study was to find differences in PJOK learning interest at SMKN 2 Buduran in the Accounting and Multimedia majors in the era of covid-19 pandemic. This research used a non-experimental method with quantitative approach and comparative design. The population in this study were students of class XI of SMK Negeri 2 Buduran and using a sample of class XI Accounting and XI Multimedia totaling 70 students obtained through cluster random sampling. The data collected using a questionnaire of PJOK learning interest that has been tested for validity with the results of R arithmetic > R table (0.349) and reliability with AlphaCronbach's coefficient of 0.876. The Data were analyzed using percentage tabulation technique. Based on the results conducted by the researcher, it was found that there was no significant difference in PJOK learning interest as evidenced by the results of the comparison of PJOK learning interest in accounting majors with a total questionnaire score of 2081 (74%), and in multimedia majors with a total questionnaire score of 2113 (75%). These results were corroborated by the researcher using an independent sample T test 0.581 > 0.05, it meant that there was no significant difference in the results of PJOK learning interest in accounting and multimedia majors. According to these results, it can be concluded that there is no significant difference in PJOK interest between accounting and multimedia majors.

Keywords: interest; PJOK learning; male; female

 

Published
2021-12-18
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 17