TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KESAMBEN-JOMBANG PADA PELAJARAN PJOK SELAMA PANDEMI COVID-19 TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KESAMBEN-JOMBANG PADA PELAJARAN PJOK SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Haris Pambudi Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pada masa pandemic covid 19, semua aktifitas dilakukan secara daring, termasuk proses belajar mengajar. Walaupun pembelajaran secara daring pada masa pandemic covid 19 ini sangat bermanfaat, namun perlu diperhatikan juga beberapa hal seperti dampak negatif penggunaan gawai yang berlebihan. pembelajaran yang dilakukan secara online menimbulkan kebosanan atau kejenuhan pada siswa karena masih melekatnya budaya belajar tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa pada pelajaran PJOK selama masa pandemic covid 19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel penelitian berjumlah 41 siswa 11 SMA Negeri Kesamben Jombang. Tingkat motivasi belajar siswa diukur pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 dengan menggunakan kuesioner melalui google form dengan indikator adanya dorongan dan kebutuhan belajar, adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya penghargaan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya lingkungan belajar yang lebih baik, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar. Setelah data terkumpul, maka data dianalisis dengan menentukan skor item kuesioner dan melakukan pengkategorian dengan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan tingkat motivasi belajar siswa selama masa pandemic covid 19 ini berada pada kategori sangat rendah sebesar 0%, kategori rendah 0%, kategori sedang sebesar 19,51%, kategori tinggi sebesar 80,49% dan kategori sangat tinggi sebesar 0%. Kesimpulannya tingkat motivasi belajar siswa pada pelajaran PJOK selama masa pandemic covid 19 sebesar 80,49% dan masuk dalam kategori tinggi.

 

Kata Kunci: daring; covid 19; PJOK; motivasi

 

Abstract

During the COVID-19 pandemic, all activities are conducted online, including teaching and learning. Although online learning during the COVID-19 pandemic is very useful, it is also necessary to pay attention to several things, such as the negative impact of excessive use of gadgets. Learning that is done online causes boredom or saturation in students because there is still a face-to-face learning culture attached. The study aimed to determine the level of student motivation in PJOK lessons during the covid 19 pandemic. This quantitative descriptive study used a research sample of 41 students at 11 Kesamben Jombang Public High Schools. The level of student learning motivation is measured in the odd semester of the 2020/2021 school year by using a questionnaire via a google form. With indicators of the desire and desire to succeed, the encouragement and learning needs, the hopes and aspirations of the future, the appreciation in learning, the existence of enjoyable activities in education, there is a better learning environment. After the data is collected, the data is analyzed by determining the score of the questionnaire items and categorizing it using the Guttman scale. The results showed that the level of student learning motivation during the COVID-19 pandemic was in the shallow category of 0%, the low variety of 0%, the medium type of 19.51%, the high category of 80.49%, and the very high category of 0%. In conclusion, the level of student learning motivation in PJOK lessons during the COVID-19 pandemic was 80.49% high.

Keywords: online; covid 19; PJOK; motivation

Published
2021-12-18
Section
Articles
Abstract Views: 369
PDF Downloads: 136