SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN SDN SE-KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO

  • Imam Wahyudi Universitas Negeri Surabaya
  • Suroto Suroto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kegiatan belajar mengajar merupakan masalah yang sangat komplek yang melibatkan seluruh aspek pembelajaran, salah satunya adalah keadaan sarana dan prasarana olahraga yang terdapat pada sekolah tersebut. Cara agar kita dapat mengetahui keadaan sarana dan prasarana sekolah tersebut yaitu dengan melakukan survei sarana dan prasarana terhadap sekolah. Instrumen atau alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen observasi yang dikembangkan oleh Pangkalan Data Pendidikan Jasmani Olahraga Indonesia (PDPJOI) dimana peneliti akan terjun langsung ke tiap-tiap sekolah untuk mendata dan memastikan keadaan sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut dan untuk memastikannya dilampirkan foto-foto sarana dan prasarana yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh data sarana dan prasarana masing-asing sekolah dan melihat keadaan sarana dan prasarana. Jika keadaan sarana dan prasarana tersebut tidak sesuai dengan standar jumlah dan kondisinya, maka disarankan untuk masing-masing sekolah meningkatkan sarana dan prasarana tersebut agar pembelajaran PJOK dapat terlaksana dengan baik. Metode penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi. Teknik observasi digunakan untuk mendapatkan data rill di lapangan dan data kuantitatif tentang jumlah dan kondisi sarana dan prasarana di masing-masing sekolah menggunakan instrumen PDPJOI. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di SDN se-Kecamatan Mojosari kabupaten Mojokerto yang berjumlah 22 sekolah menggunakan instrumen PDPJOI 10 mendapat kategori “B” Baik, 10 kategori “C” Cukup, dan 2 mendapat nilai “E” Kurang. Dengan demikian nilai rata-rata dari survei sarana dan prasarana olahraga di SDN se-Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto mendapatkan nilai 135 dengan kategori “C” Cukup.

Kata Kunci: sarana prasarana; PJOK; sekolah dasa; Mojokerto

 

Abstract

Teaching and learning activities are very complex problems that involve all aspects of learning, one of which is the state of sports facilities and infrastructure in the school. The way that we can find out the state of the school's facilities and infrastructure is by surveying the facilities and infrastructure of the school. The instrument used observation instrument developed by the Indonesian Physical Education DataBase. Researchers directly to each school to record and ensure the condition of the facilities and infrastructure in the school and to ensure it Attached are photos of existing facilities and infrastructure. The purpose study was to obtain data facilities and infrastructure. Suppose the facilities and infrastructure are not by the standard number and shape. In that case, it is recommended that each school improve the facilities and infrastructure to carry out physical education learning correctly. This research method is descriptive qualitative, and quantitative. Data were collected by observation technique. This research used observation to obtain actual data in the field and quantitative data about the number and condition of facilities and infrastructure in each school using the PDPJOI instrument. Based on the results of a survey conducted at SDNs throughout Mojosari Sub-district, Mojokerto Regency, which amounted to 22 schools using the PDPJOI instrument, 10 got category "B" Good, 10 categories "C" Enough, and 2 got "E" Less. Thus, the average score from the survey of sports facilities and infrastructure in SDN throughout the Mojosari District, Mojokerto Regency, scored 135 with "C" Enough.

Keywords: infrastructure; PJOK; elementary school; Mojokerto

 

Published
2021-12-20
Section
Articles
Abstract Views: 189
PDF Downloads: 78