PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR FREE THROW BOLA BASKET

  • Khoirul Umam Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Rachman Syam Tuasikal Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Media audiovisual video adalah alat bantu berupa teknologi yang bisa dipergunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Manyar Gresik. Jenis penelitian berikut yakni eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berikut yakni siswa kelas VII H sebanyak 31 siswa yang dikumpulkan melalui penggunaan proportional random sampling dari populasi sebanyak 288 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen penilaian keterampilan dan penilaian pengetahuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest-posttest pengetahuan berupa 3 soal objektif dan tes keterampilan shooting bola basket. Teknik analisis menggunakan statistik parametrik yaitu uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis analisis sig 0,000 < 0,05, H0 dan Ha diterima yang berarti adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa diamati berdasarkan nilai pretest yang diperoleh rata-rata 47,90 pada nilai keterampilan yang termasuk dalam kategori kurang dan rata – rata 57,61 pada nilai pengetahuan yang termasuk kategori cukup. Hasil perolehan nilai posttest didapatkan nilai rata-rata 70.87 pada nilai keterampilan termasuk kategori cukup dan nilai rata-rata sebesar 81,58 yang termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan dari penerapan penggunaan media audiovisual video terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa.

Kata Kunci: shooting; bola basket; media; audiovisual

Abstract

Audiovisual media video is aids in the form of technology that can be used to convey learning material. The purpose of this study was to determine influence of audiovisual video media used toward learning outcomes of basketball shooting in seventh grade students SMP Negeri 1 Manyar Gresik. This type of research was quasi-experimental with quantitative approach one group pretest-posttest design. The sample of this research was class VII H with 31 students as a subject taken using proportional random sampling from a population of 288 students. The instruments used was skill and knowledge assessment rubrics. The data was collected through knowledge pretest-posttest with 3 items of objective questions and basketball shooting skill test. The analysis technique used parametric statistic, namely paired sample t-test. The research results showed that the t- test obtained sig 0,000 <0,05, H0 and Ha are accepted, its meant there was a significant increase of the students learning outcomes since the average score of the pretest was 47.90 which categorized as under average score for skill and 57.61 which categorized as adequate score for knowledge. The results of the posttest score obtained an average value of 70.87 in the skill value including the sufficient category and the average value of 81.58 included in the good category. The conclusion of this study that there was a significant effect of using audiovisual video toward the students learning outcomes in basketball shooting.

Keywords:  shooting; basketball; media; audiovisual

 

Published
2021-12-27
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 29