PENGARUH APLIKASI SMART PJOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Aditya Pradana Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Cahyo Kartiko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran jasmani yang dilakukan secara daring pada masa pandemi Covid-19 mengakibatkan kesempatan berinteraksi antar siswa berkurang sehingga terjadi penurunan motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring di era pandemic covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian pembelajaran dengan aplikasi SMART PJOK terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen one group pretest posttest, populasi terdiri dari siswa kelas X SMKN 1 Jabon, kemudian untuk penentuan sampel peneliti menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X multimedia 2 yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan penyebaran angket yang di sebarkan melalui whatsapp group dan dalam bentuk google form. Analis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan statistik inferensial non parametrik dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai sig 0,544> 0,05 yang artinya aplikasi SMART PJOK tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa.  terdapat 14 siswa yang mengalami penurunan skor pre – post test dengan nilai negative rank sebesar 18,71  dan terdapat 20 siswa mengalami kenaikan pre – post dengan nilai positive rank sebesar 16,65 serta terdapat 2 siswa yang tidak mengalami perubahan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi SMART PJOK tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi Covid -19 ini.

Kata Kunci:  pendidikan jasmani; motivasi belajar; covid-19  

Abstract

Physical learning conducted online during the Covid-19 pandemic resulted in reduced opportunities to interact between students resulting in a decrease in student learning motivation during online learning in the pandemic era of Covid-19. This research aims to find out how the influence of learning with smart PJOK application on student learning motivation. The study used a quantitative approach with the quasi design of the one group pretest posttest experiment, a population consisting of students of class X SMKN 1 Jabon, then for the determination of samples of researchers using random sampling cluster techniques. The sample in this study was class X multimedia 2 which amounted to 36 students. The collection of research data is carried out by spreading the questionnaire spread through wa group and in the form of google form. The data analysts in this study were conducted using non-parametric inferential statistics with the Wilcoxon test. The results of this study showed a sig value of 0.544> 0.05 which means the SMART PJOK application has no significant effect on students' learning motivation. There were 14 students who experienced a decrease in pre-post test scores with negative rank scores of 18.71 and there were 20 students experiencing a pre-post increase with a positive rank score of 16.65 and there were 2 students who did not experience changes. Based on these results it can be concluded that the SMART PJOK application has no effect on students' learning motivation during the Covid-19 pandemic.

Keywords: physical education; learning motivation; covid-19

 

Published
2021-12-30
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 26