KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH INKULSI KABUPATEN GRESIK

  • Muhyidin Fahmi Baniadami Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan formal merupakan salah satu komponen kehidupan yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Sejumlah mata pelajaran yang didominasi kegiatan praktik dan berbasis aktivitas fisik pun turut merasakan dampaknya. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran yang terkena dampak akibat adanya perubahan pembelajaran dari tatap muka menjadi daring. Intensitas aktivitas fisik dalam PJOK mengalami penurunan sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal, terlebih pada sekolah inklusi yang di dalamnya juga terdapat peserta didik berkebutuhan khusus. Mengacu pada hal tersebut, peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar keterlaksanaan pembelajaran PJOK pada era pandemi Covid-19 di sekolah inklusi Kabupaten Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini yaitu 12 sekolah inklusi mencakup jenjang pendidikan dasar, menengah pertama dan menengah atas di Kabupaten Gresik yang dipilih secara random sampling. Adapun responden penelitian ini adalah guru mata pelajaran PJOK sekolah terpilih. Data repon yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif yang menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran PJOK di sekolah inklusi Kabupaten Gresik sudah baik dengan persentase sebesar 58%. Disarankan kedepannya guru PJOK dapat mengemas pembelajaran di masa pandemi Covid-19 agar lebih baik dan bervariatif dalam melaksanakan proses pembelajaran daring dengan pendekatan kolaboratif (blended learning).

Kata Kunci: pembelajaran PJOK; sekolah inklusi; pandemi covid-19

Abstract

Formal education is one part of life that affected by the Covid-19 pandemic. Some subjects which were dominated by practical activities and based on physical activity also felt the impact. Physical education, sports and health (PJOK) is one of the subjects affected by the change in learning from face-to-face to online. The intensity of physical activity in PJOK has decreased so that learning objectives are not achieved optimally, especially in inclusive schools which also have students with special needs. Referring to this, the researchers conducted this study with the aim of finding out how much PJOK learning was implemented in the Covid-19 pandemic era at inclusive schools in Gresik. The type of this research is qualitative descriptive that using a questionnaire as a data collection instrument. The sample in this study were 12 inclusive schools that consist of elementary school, junior high school and senior high school in Gresik which were selected  by random sampling. The respondents of this study were teachers of selected school PJOK subjects. The response data obtained were then analyzed descriptively which showed the implementation of PJOK learning in inclusive schools in Gresik Regency was good with a percentage of 58%. Sugested that in the future teacher of physical education learning and healthy subject can package learning during the Covid-19 pandemic to be better and more varied in carrying out the online learning process with a collaborative approach (blended learning).

Keywords: PJOK learning; inclusive school; covid-19 pandemic

 

Published
2021-12-30
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 45