SURVEI PENGUKURAN KEMAMPUAN GERAK MOTORIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS I DI KECAMATAN PRAJURIT KULON KOTA MOJOKERTO PADA SAAT PANDEMI COVID-19

  • Efa Hariyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gerak motorik siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang berusaha menggambarkan objek atau subjek yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus I di Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto yang berjumlah 122 siswa sebagai total sampling. Artinya seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus I Kecamatan Prajurit Kulon digunakan sebagai subjek (responden) penelitian. Instrumen yang digunakan adalah Tes stork stand positional balance, Tes lempar tangkap bola, Tes lari cepat 40 meter, dan Tes shuttle-run.Berdasarkan dari hasil data penelitian yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data maka dapat diketahui hasil kemampuan motoric siswa sekolah dasar yang meliputi SD Negeri Miji, SD Negeri Kauman, SD Negeri Prajurit Kulon, SD negeri Mentikan, dan SD Negeri Kranggan. Sejumlah 122 siswa diketahui terdapat 8 siswa (6,6%) mendapatkan hasil baik sekali, 31 siswa (25,4%) mendapatkan hasil baik, 37 siswa (30,3%) mendapatkan hasil sedang, 41 siswa (33,6%) mendapatkan hasil kurang, dan 5 siswa (4,1%) mendapatkan hasil kurang sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto memiliki tingkat kemampuan motoric yang relatif berimbang pada domain keseimbangan dan koordinasi, sedangkan domain kecepatan menunjukkan nilai yang cukup tinggi atau baik sekali serta kurang ditunjukkan pada aspek kelincahan

Kata kunci: kemampuan gerak; motoric; sekolah dasar

Abstract

The purpose of this study was to determine the motor movements of fourth grade elementary school students. This research is a type of descriptive research, namely a study that seeks to describe the object or subject under study. The population in this study were all Grade IV students of the Gugus 1 state elementary school in Kecamatan Prajurit Kulon, Mojokerto City, totaling 122 students as the total sampling. This means that all fourth grade students of the Gugus 1 state elementary school, Kecamatan Prajurit Kulon, were used as research subjects (respondents). The instruments used are the Stork Stand Positional Balance Test, the Throw and Catch the Ball Test, the 40 meter sprint test, and the shuttle-run test. Based on the results of research data analyzed using data analysis techniques, it can be seen the results of the motor skills of elementary school students including SD Negeri Miji, SD Negeri Kauman, SD Negeri Prajurit Kulon, SD Negeri Mentikan, and SD Negeri Kranggan. A total of 122 students are known there are 8 students (6.6%) get very good results, 31 students (25.4%) get good results, 37 students (30.3%) get moderate results, 41 students (33.6%) get poor results, and 5 students (4.1%) get very poor results. So it can be concluded that the fourth grade students of the Gugus 1 State Elementary School, Kecamatan Prajurit Kulon, Mojokerto City have a relatively balanced level of motor ability in the balance and coordination domain, while the speed domain shows a fairly high or very good value and is not shown in the agility aspect.

Keywords: movement ability; motoric; elementary school

 

Published
2022-01-18
Section
Articles
Abstract Views: 20