PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PJOK DI LAPANGAN INDOOR DENGAN LAPANGAN OUTDOOR

  • Aprisiella Dwi Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Anung Priambodo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar PJOK pada kelompok pembelajaran di lapangan indoor dengan lapangan outdoor di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling, didapatkan sampel penelitian berjumlah 167 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo. Instrumen penelitian menggunakan angket kusioner motivasi belajar yang telah diadopsi dari penelitian sebelumnya, menggunakan google form dan skala likert. Data penelitian dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan uji beda (independent tests) menggunakan bantuan SPPS Statistic Versi 21. Berdasarkan temuan peneliti, mayoritas siswa senang ketika pembelajaran PJOK, yakni 59.9% (100 siswa) pembelajaran di lapangan outdoor dan 35,9% (60 siswa) pembelajaran di lapangan indoor, dibuktikan dengan hasil uji beda (independent tests) menunjukkan perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kelompok pembelajaran PJOK di lapangan indoor dengan lapangan outdoor yaitu dengan nilai t hitung sebesar (7.189) lebih tinggi dari t tabel sebesar (1.972). Disimpulkan bahwa mayoritas siswa lebih senang ketika pembelajaran PJOK dilakukan di lapangan outdoor, sehingga siswa cenderung lebih termotivasi ketika pembelajaran PJOK di lapangan outdoor. Sebagian siswa tidak terpacu dengan pembelajaran di lapangan indoor karena tidak memiliki teman yang suka diskusi dan merasa jenuh dengan aktivitas PJOK selama masa pendemi covid-19.

Kata Kunci: motivasi belajar; lapangan outdoor; lapangan indoor

Abstract

This study aims to determine the difference in motivation of learning tingers in the learning group in the indoor field with outdoor fields in SMP Negeri 2 Sidoarjo. This research is a comparative research with population in this study is the students of class VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo. Sampling election techniques using Simple Random Sampling techniques, obtained a sample of research amounted to 167 students of class VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo. The research instrument uses the questionnaire of the Classer Motivation of learning that has been adopted from previous research, using Google Form and Scale Likert. The data of the study were analyzed using descriptive test statements and the test of the various schools of the 2004-based status of the researcher, the majority of students were happy when the learning of the title, namely 59.9% (100 students) of learning outdoor and outer 35.9% (60 students) The learning in the field of indoor, proven by the test of the test (independent tests) showed significant difference between learning motivation of the study of the group of the Independence field in the field of indoor field with outdoor field that is with a value t of calculation (7,189) higher than T table at all (1.972). It is concluded that the majority of students are more delighted when the duty learning is done in the outdoor field, so students tend to be more motivated when the language of the tinger is in the outdoor field. Some students are not encouraged by learning in the indoor field because they do not have friends who love the discussion and feel saturated with tighten activities during the COVID-19 perennial period. Keywords: learning motivation; Outdoor field; Indoor field

Keywords: learning motivation; outdoor field; indoor court

 

Published
2022-01-19
Section
Articles
Abstract Views: 358
PDF Downloads: 78