PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PJOK SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 SISWA SMP DI KABUPATEN PASURUAN

  • Muhammad Bagus Anwar Universitas Negeri Surabaya
  • Sapto Wibowo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak pada proses pembelajaran siswa di sekolah. Hal tersebut mendorong tenaga pendidik untuk merubah proses belajar yang sebelumnya dilakukan secara luring menjadi daring. Dalam hal ini guru PJOK harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada, agar dalam proses pemberian materi tetap maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar akademik siswa sebelum dan saat pandemi di SMPN 1 Beji Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan hasil akademik siswa yang ada di buku arsip nilai guru PJOK kelas VIII yakni nilai semester ganjil pada tahun ajaran 2019/2020 sebelum pandemi Covid-19 dan nilai pada semester genap di tahun ajaran yang sama saat pandemi Covid-19. Analisis data menggunakan deskriptif statistik dan untuk perbandingan menggunakan Wilcoxon karena hasil uji normalitas menunjukkan data tidak normal (p<0.05). Hasil menunjukkan bahwa sebanyak 225 nilai siswa mengalami penurunan, 78 nilai siswa naik, dan 18 nilai siswa tidak mengalami penurunan atau peningkatan nilai sebelum pandemi dan saat pandemi. Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terjadi penurunan nilai siswa sebelum dan saat pandemi yang dibuktikan oleh Z= -8,478 dan p-value sebesar 0,000<0,05. Dari hasil analisis tersebut dapat diberi kesimpulan bahwa nilai akademik siswa sebelum pandemi lebih tinggi daripada nilai akademik siswa saat pandemi.

Kata Kunci: perbandingan; hasil akademik; luring dan daring

 

Abstract

The pandemic Covid-19 in Indonesia has impacted students' learning process in schools. Encourages educators to change the learning process previously done offline to online. In this case, the PJOK teacher must adjust to the existing conditions so that the process of giving the material remains maximal. The purpose of this study was to compare the academic learning outcomes of students before and during the pandemic at SMPN 1 Beji Pasuruan. This study uses a quantitative approach with a descriptive type. Data collection in this study used student academic results in the grade VIII PJOK teacher archive book, namely odd semester scores in the 2019/2020 school year before the pandemic Covid-19 and scores in even semesters in the same academic year during the pandemic Covid-19. Data analysis used descriptive statistics and Wilcoxon's comparison because the normality test resulthowed that the data was not standard (p <0.05). The results showed that as many as 225 student scores decreased, 78 student scores increased, and 18 student scores did not experience a decrease or increase in grades before the pandemic and during the pandemic. The Wilcoxon test shows a decline in student scores before and during a pandemic, proved by Z=-8.478 and p-value 0.000<0.05. This analysis concludes that the student's academic scores before the pandemic were higher than those of students during the pandemic.

Keywords: comparison; academic result; offline and online

Published
2022-02-02
Section
Articles
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 87