SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN PUCUK LAMONGAN

  • Cholifatul Choiriya Universitas Negeri Surabaya
  • Bernard Djawa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

PJOK merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting di sekolah dalam mata pelajaran PJOK juga perlu adanya sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran. Ketersediaan sarana dan prasarana sangat membantu proses pembelajaran. Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Pucuk Lamongan. Dengan menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif metode survei ini menggunakan instrumen Pangkalan Data Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia (PDPJOI). Sampel dari penelitian ini yaitu 4 Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Swasta di Kecamatan Pucuk Lamongan. Survei berupa prasarana diluar dan didalam ruangan dan prasarana tersebut mencakup luas lahan dan status kepemilikan, sedangkan sarana meliputi beberapa jenis alat dengan jumlah total. Diperoleh hasil dari 3 Sekolah Menengah Pertama mendapatkan kategori “A” yaitu SMP Negeri 1 Pucuk dengan nilai 210 dengan persentase 84%, SMP Muhammadiyah 6 Pucuk dengan nilai 210 dengan persentase 84%, dan SMP Raden Patah Pucuk dengan nilai 210 dengan persentase 84% dan 1 Sekolah Menengah Pertama mendapatkan kategori “B” yaitu SMP Negeri 2 Pucuk dengan nilai 190 dengan persentase 76%. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan dari hasil rekapitulasi data menggunakan instrumen PDPJOI bahwa sarana dan prasarana PJOK di Kecamatan Pucuk Lamongan diperoleh hasil rata-rata nilai dalam kategori sangat baik.

Keywords: pendidikan jasmani; sarana dan prasarana pendidikan olahraga; instrumen PDPJOI

Abstract

PJOK are one of the most important subjects in school in the subjects of PJOK it is also necessary to have facilities and infrastructure in the learning process. The purpose of this survey is to find out the facilities and infrastructure owned by Junior High Schools in Pucuk Lamongan District. By using quantitative descriptive research, this survey method used the Indonesian Physical Education and Sports Database (PDPJOI) instrument. The sample of this research was 4 public and private junior high schools in Pucuk Lamongan District. The survey was in the form of outdoor and indoor infrastructure and the infrastructure covered land area and ownership status, while the facilities included several types of equipment with a total amount. The results were obtained from 3 Junior High Schools got an "A" category, namely SMP Negeri 1 Pucuk with a score of 210 with a percentage of 84%, SMP Muhammadiyah 6 Pucuk with a score of 210 with a percentage of 84%, and SMP Raden Patah Pucuk with a score of 210 with a percentage of 84% and 1 Junior High School received category “B”, namely SMP Negeri 2 Pucuk with a value of 190 with a percentage of 76%. From this study, it can be concluded from the result of data recapitulation using the PDPJOI instrument that PJOK facilities and infrastructure in Pucuk Lamongan District obtained an average score the very good category.

Kata Kunci: physical education; facilities and infrastructure sport education; PDPJOI Instrument

 

Published
2022-02-21
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 63