PROSES PEMBELAJARAN MAPEL PJOK DI SMAN SE- KECAMATAN BOJONEGORO SEMASA PANDEMI COVID-19

  • Fathan Fachry Noersofie
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Covid-19 memberikan banyak sekali dampak terhadap berbagai aspek kehidupan dimasyarakat. Aspek tersebut yaitu ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya. Salah satunya yaitu aspek pendidikan, dengan adanya dampak ini seluruh jenjang pendidikan dan kalangan guru harus melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Pada penelitian ini penulis bertujuan untuk mengidentifikasi kendala proses pembelajaran daring yang dialami oleh guru-guru PJOK diSMA Negeri yang terdapat di kecamatan Bojonegoro. Dalam penelitian ini terdiri dari guru PJOK dari masing-masing SMA Negeri sebagai subyek dengan jumlah 11 (sebelas) orang, yang terdiri dari 10 (sepuluh) guru pendidikan jasmani olahraga laki-laki,1 (satu) orang guru pendidikan jasmani olahraga perempuan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk Google form dan analisis data menggunakan analisa deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengkaji indikator proses pembelajaran daring di sekolah yang mengalami kendala guru dan siswa dalam penggunaan komputer selama pembelajaran daring berlangsung. Pembelajaran daring ini sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru PJOK namun pembelajaran daring merupakan tantangan yang cukup besar karena guru PJOK harus mampu dan terbiasa dengan teknologi serta juga mengubah rancangan pola pembelajaran yang dilakukan. Hasil membuktikan bahwa dari jawaban yang diberikan responden prosentase menunjukkan 54% “Netral”, sedangkan yang menyatakan “Setuju”  27%, sisanya sebanyak 18% menyatakan "Tidak Setuju”. Demikian dapat disimpulkan pembelajaran daring menyebabkan banyak kendala yang dialami oleh guru PJOK dan siswanya selama proses pembelajaran dimasa pandemi ini karena masih terdapat guru PJOK yang belum menguasai teknologi, dan sangat tidak mungkin untuk merubah kegiatan belajar mengajar dilakukan secara offline.

Kata Kunci: covid-19; pendidikan; kendala pembelajaran daring.

Abstract

Covid-19 has been affecting many aspects of living society. Those aspects include economic, education, social, and so on. One of them is the education aspect, which due to this pandemic, all levels of education and teachers must carry out online teaching and learning activities. In this research, the writer intends to identify the online learning process done by teachers of sports physical education and health of public high schools located in the district of Bojonegoro. This study, it consists of also includes 11 (eleven) sports physical education and health teachers from each public high school as subjects, consisting of 10 (ten) male teachers and 1 (one) female teacher. The collection of data uses Google Form in a questionnaire using descriptive qualitative data analysis. This study examined the online learning process indicators in schools that experienced teacher and student constraints in mastering computers. This online learning has been done wonderfully by them. However, teaching online has also been a considerable challenge since they have to adapt to the technology and change their learning pattern plans. The survey has proven that based on the percentage of respondents showed 54% “Neutral,” while those who stated “Agree” 27%, the remaining 18% stated, “Disagree.” So, it can be concluded that online learning causes many obstacles experienced by teachers and students during the learning process in this pandemic because there are teachers who have not mastered technology, and it is impossible to change teaching and learning activities to be carried out offline.

Keywords:  covid-19;  education;  problems of online  learning.

Published
2022-02-21
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 40